Sungai Raya, Kalbar (ANTARA Kalbar) - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menekankan kepada kepala desa setempat agar memiliki perhatian serius dan bertindak lebih nyata dalam pembangunan desa.

"Peran Kades sebagai lini terdepan pemerintahan dan yang paling dekat dengan masyarakat diharapkan bisa meningkatkan perannya dan bertindak lebih nyata dalam mewujudkan pembangunan di desanya," kata Muda, di sela pelantikan empat kepada desa di Kubu Raya, Rabu.

Dia mengatakan, hal itu sesuai dengan motto dari Kubu Raya yang terus berusaha untuk menjadi kabupaten yang terus berlari lebih kencang dan bertindak lebih nyata dalam mewujudkan pembangunan.

Bupati itu menekankan, kepala desa harus mampu membenahi administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan desa, menekan gizi buruk, serta memberantas buta huruf.

Menurutnya, hal itu merupakan tanggung jawab bersama baik kepala desa, bupati, DPRD, PKK dan Masyarakat. Untuk itu, lanjutnya, diperlukan adanya sinergisitas dan saling mendukung dari semua pihak.

Muda Mahendrawan mengapresiasi peran penggerak PKK dan khususnya kaum perempuan dalam pembangunan KKR, menurutnya peranan yang baik dari ibu-ibu di masyarakat akan melahirkan inspirasi bagi masyarakat setempat.

"Konsep pembangunan Kubu Raya adalah tindakan nyata di masyarakat, khususnya untuk mendorong masyarakat untuk menjadi kader Posyandu, agar masyarakat semakin bersemangat untuk memeriksakan kandungan, imunisasi dan KB," tuturnya.

Dia juga mengingatkan Kepada kepala desa agar mengedepankan adanya keterbukaan publik dalam membangun dan mengelola Desa.

"Kabupaten Kubu Raya saat ini telah memiliki 117 desa dari sembilan kecamatan. Seiring dengan dinamika kehidupan masyarakat yang terus meningkat, peranan pemimpin juga sangat penting, khususnya di desa-desa, sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat yang lebih kecil," katanya.

Untuk itu, peran kepala desa diharapkan dapat membantu tugas-tugas pemerintah dalam menyampaikan kebijakan-kebijakan serta mempercepat pembangunan.

(pso-171)



Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012