Jakarta (ANTARA Kalbar) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan bertolak menuju benua Amerika Selatan, Jumat siang, untuk menghadiri KTT G20 di Los Cabos, Meksiko; KTT Rio+20 di Rio de Janeiro, Brazil; dan melakukan kunjungan kenegaraan ke Quito, Ekuador.

Delegasi Indonesia itu bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada pukul 14.00 WIB  menggunakan pesawat khusus kepresidenan.

Kepala Negara akan mengunjungi beberapa negara di Amerika Selatan selama kurang lebih dua pekan.

Agenda kerja pertama adalah menghadiri KTT G20 di Los Cabos, Meksiko, pada 17-19 Juni.

Menurut Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, Presiden juga dijadwalkan untuk menyampaikan pidato utama di pertemuan Business 20 Summit (B20), dan menyampaikan komitmen Indonesia terhadap 'financial inclusion' pada acara Los Cabos Financial Inclusion Event.

Setelah itu, Yudhoyono akan menghadiri KTT Rio+20 di Rio de Janeiro, Brazil. Pertemuan puncak tentang lingkungan hidup itu akan dilaksanakan pada 20-22 Juni.

Selain menghadiri sesi pleno KTT Rio+20, Presiden juga dijadwalkan untuk memberi sambutan di beberapa acara, yaitu "Conference on Green Economy, Leaders Valuing Nature: A Celebration of Commitments" dan menyampaikan pidato kunci pada acara "UNESCAP Regional Commissions Joint Side Event".

Selama di Brazil, Presiden Yudhoyono juga direncanakan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan.

 Setelah menghadiri KTT Rio+20, Presiden Yudhoyono rombongan akan melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Quito, Ekuador, pada 22-23 Juni.

Presiden beserta rombongan akan tiba di Tanah Air pada Selasa, 26 Juni 2012.

(F008)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012