Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengharapkan setiap kepala desa di kabupaten itu bisa memberdayakan potensi yang ada di desanya dengan mengedepankan keterbukaan publik dalam membangun dan mengelola desa.

"Ini perlu dilakukan oleh setiap kades, dimana pemberdayaan masyarakat dan pemanfaatan potensi daerah yang optimal akan mempercepat proses pembangunan di desa yang dipimpinnya," kata Muda, saat melantik tiga kades secara sekaligus di aula kantor bupati Kubu Raya, Rabu.

Muda menaruh harapan besar kepada tiga kades yang baru dilantiknya, masing-masing, Agustinus sebagai Kades Bengkarek, Iin Sumirat Kades Rasau Jaya III dan Abdulrahim Kades Teluk Kapuas serta seluruh kepala desa lainnya untuk bisa membantu program-program yang dicanangkan Pemkab Kubu Raya.

"Peran Kades sebagai lini terdepan pemerintahan dan yang paling dekat dengan masyarakat diharapkan bisa meningkatkan perannya dan bertindak lebih nyata dalam mewujudkan pembangunan di desanya. Hal itu sesuai dengan motto dari Kubu Raya yang terus berusaha untuk menjadi kabupaten yang terus berlari lebih kencang dan bertindak lebih nyata dalam mewujudkan pembangunan," kata Muda.

Kabupaten Kubu Raya saat ini telah memiliki 117 desa dari sembilan kecamatan. Seiring dengan dinamika kehidupan masyarakat yang terus meningkat, peranan pemimpin juga sangat penting, khususnya di desa-desa, sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat yang lebih kecil, tuturnya.

Untuk itu, lanjutnya, peran kepala desa diharapkan dapat membantu tugas-tugas pemerintah dalam menyampaikan kebijakan-kebijakan serta mempercepat pembangunan.

(pso-1710)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012