Sungai Kakap (ANTARA Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar beberapa kegiatan Festival Muharram menyambut bulan pertama tahun Islam1433 Hijriah, yang akan diselenggarakan di Kecamatan Sungai Kakap.

"Pergelaran seni Islami akan menjadi agenda utama Festival tersebut. Pergelaran seni menyajikan beberapa pertunjukan antara lain pertunjukan drama, musik puisi, puitisasi terjemahan Alquran, dan lomba kasidah Rebana," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kubu Raya, Busri Ismail, di Sungai Raya, Jumat.

Menurutnya, festival Muharram tahun ini merupakan ajang pengenalan budaya Islam, sebagai salah satu alternatif budaya yang menarik, di tengah gencarnya arus globalisasi budaya barat yang masuk di tengah masyarakat Indonesia.

"Festival kali ini rencananya akan dijadikan sebagai agenda tahunan Kabupaten Kubu Raya dan akan digelar mulai tanggal 8 hingga 11 November 2012 di Halaman kantor Camat Sungai Kakap," kata Busri.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pelaksanaan Festival itu sebagai upaya untuk membangun karakter bangsa, karakter generasi muda dan masyarakat Kubu Raya dengan menanamkan nilai-nilai kebudayaan Islami sebagai inspirasi dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

"Maksud dari kegiatan ini adalah di samping kita memasyarakatkan Muharram dan memeriahkan Muharram, kita juga sekaligus melestarikan nilai-nilai kebudayaan Islami di masyarakat sebagai sebuah identitas masyarakat Kubu Raya yang Dinamis, harmonis, plural dan memiliki peradaban yang berwawasan kebangsaan," kata Muda.

(pso-171)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012