Pontianak (ANTARA Kalbar) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Barat siap bersaing untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

"KONI Pusat sudah memberikan `lampu hijau` kepada Kalbar untuk menjadi tuan rumah PON XX," kata Ketua KONI Provinsi Kalbar, Syarif Mahmud Alkadrie saat membuka Rapat Kerja Tahunan KONI Kalbar, di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, untuk menjadi tuan rumah, Kalbar harus sudah mempersiapkan diri agar mimpi tersebut bisa terwujud.

"Provinsi Kalimantan Timur saja, sudah menjadi tuan rumah PON XVII, Kalbar juga harus bisa jadi tuan rumah," ujarnya.

Mahmud menambahkan, masih ada waktu sekitar delapan tahun untuk mempersiapkan diri agar bisa menjadi tuan rumah even olah raga nasional paling bergengsi tersebut.

"Asalkan dengan tekad dan kemauan bersama semua elemen masyarakat, Kalbar bisa menjadikan mimpi tersebut menjadi kenyataan," kata dia.

Sementara itu Asisten III, Setda Provinsi Kalbar Kartius menyatakan, dukungannya terhadap penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di Kalbar.

"Pak gubernur (Cornelis) sangat setuju, jika Kalbar jadi penyelenggara PON XX," ujar Kartius.

Ia meminta, sebelum menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XX, sebaiknya terlebih dahulu menjadi tuan rumah penyelanggaraan berbagai even olah raga tingkat nasional, sehingga bisa menambah pengalaman.

"Pastinya, ekonomi akan semakin meningkat, karena seluruh perwakilan Indonesia berkumpul di Kalbar," harapnya.

Untuk menjadi tuan rumah PON XX, sejak kini sudah harus didukung oleh pemerintah kabupaten/kota, dengan menyediakan berbagai fasilitas gedung olah raga di daerahnya masing-masing, kata Kartius.

***3***

(U.A057/



(U.A057/B/T011/T011) 29-11-2012 17:49:40

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012