Pontianak (ANTARA Kalbar) - Harga telur ayam ras yang dijual di Pasar Puring, Kecamatan Pontianak Utara, Minggu, melonjak naik, yakni dari Rp1.000/butir menjadi Rp1.200/butir seminggu menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Kenaikan telur ayam ras dipicu karena permintaan meningkat menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru," kata Acung salah seorang pedagang telur ayam ras di kawasan Pasar Puring Pontianak Utara.

Menurut Acung, telur ayam ras mulai naik sejak sepekan lalu, karena harga beli mereka ke agen juga naik, sementara permintaan meningkat.

Dari pantauan di Pasar Puring, harga telur ayam ras di Pasar Puring bervariasi, mulai dari Rp900/butir untuk ukuran kecil, Rp1.100/butir untuk ukuran sedang, dan ukuran besar Rp1.200/butir.

Dari pantauan di lapangan tidak hanya harga telur ayam ras yang mengalami kenaikan, tetapi harga daging sapi potong juga mengalami kenaikan sebesar Rp5 ribu/kilogram atau Rp90 ribu/kilogram dari sebelumnya Rp85 ribu/kilogram.

Sementara itu, harga ayam potong juga mengalami kenaikan sebesar Rp5 ribu/kilogram, dari sebelumnya Rp25 ribu/kilogram menjadi Rp30 ribu/kilogram.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kehewanan dan Peternakan Kalimantan Barat Abdul Manaf menyatakan, untuk stok sapi potong di Kalbar, aman hingga Januari 2013 sebanyak 49 ribu ekor, yang sebanyak 28 persen didatangkan dari Pulau Jawa.

"Alhamdulillah Kalbar aman dan antisipasi lainnya Pemprov Kalbar melakukan swasembada daging yang selama ini masih tergantung dari subsidi pemerintah," ungkap Manaf.

(A057)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012