Pontianak (ANTARA Kalbar) - Pengamat Ekonomi dari Universitas Tanjungpura Pontianak Dian Patria menyatakan, pesatnya pertumbuhan hotel di kota itu bisa mendongkrak perekonomian masyarakat dan menambah pendapatan asli daerah setempat.

"Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan hotel di Kota Pontianak cukup pesat sehingga bisa berdampak pada terciptanya lapangan pekerjaan," kata Dian Patria di Pontianak, Kamis.

Ia menjelaskan, dengan berdirinya hotel di Kota Pontianak, maka bisa mengurangi pengangguran sehingga kesejahteraan masyarakat juga ikut meningkat.

"Kami berharap dengan pertumbuhan itu, juga diikuti oleh tersedianya sarana listrik dan air bersih sehingga apa yang menjadi kebutuhan dasar tersebut bisa dipenuhi," ujar dosen Fakultas Ekonomi Untan itu.

Sebelum, Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengakui, pertumbuhan sektor hotel di Pontianak cukup pesat. "Sekarang ada sembilan investor yang sedang membangun hotel di Kota Pontianak," ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemkot Pontianak memang mempermudah izin pendirian hotel guna menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Pontianak dan juga bisa berdampak pada meningkatnya PAD.

Menurut dia, tingginya minat investor untuk membangun hotel di Pontianak, karena tingkat hunian di kota ini cukup tinggi.

"Kami telah minta kepada pihak hotel itu, agar memprioritaskan perekrutan tenaga kerja asal Kota Pontianak terutama dari Sekolah Menengah Kejuruan maupun perguruan tinggi yang ada di kota ini," ujar Sutarmidji.
 
(A057)



Pewarta:

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013