Pontianak (Antara Kalbar) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Barat menyatakan, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke provinsi itu, sepanjang Januari 2013 mengalami penurunan sebesar 52,57 persen, yakni dari 3.683 orang, menjadi 1.747 orang.

"Untuk kunjungan Wisman sepanjang Imlek dan perayaan Cap Go Meh 2013, masih belum tercatat, mungkin bulan depan baru masuk," kata Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Kalbar, Edi Rahman Asmara saat menyampaikan berita resmi statistik di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan, turunnya kunjungan wisatawan mancanegara ke Kalbar sepanjang Januari, karena sepanjang bulan itu tidak ada event yang bisa menjadi daya tarik untuk wisatawan ke Kalbar.

"Untuk bulan Februari pasti jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Kalbar mengalami kenaikan, kalau melihat dari ramainya orang luar untuk melihat langsung perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak dan Singkawang," ungkap Edi.

BPS Kalbar mencatat, ada dua pintu masuk resmi wisatawan ke provinsi itu, yakni melalui Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) di Entikong, Kabupaten Sanggau, turun sebesar 56,38 persen, melalui Bandara Supadio Pontianak juga turun 33,97 persen dibanding Desember 2012.

"Dari data kami, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk ke Kalbar, sangat dipengaruhi oleh masuknya wisatawan melalui PPLB Entikong, yakni sebesar 76,30 persen atau sebanyak 1.333 orang, sisanya melalui Bandara Supadio Pontianak sebesar 23,70 persen atau 414 orang," ungkapnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013