Jakarta (Antara Kalbar) - Sebanyak 72 film dengan berbagai tema yang bercirikan budaya Eropa seperti "We Have a Pope" akan tayang pada festival film "Europe on Screen" 2013 di Indonesia, 3-12 Mei mendatang.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Julian Wilson pada jumpa pers  di Jakarta, Selasa, mengatakan kehadiran 72 film ini akan menampilkan ciri khas dan keragaman budaya Eropa yang kental dengan pesan mendalam, namun di sisi lain tetap memberikan hiburan.

"Ada dua aspek, ketika disuguhi makna yang berat dari film Eropa, namun di sisi lain, ada hiburan yang membuat Anda tertawa tebahak-bahak," ujar Dubes Wilson.

"Europe on Screen" pada 3-12 Mei, rencananya akan digelar di tujuh kota yakni Bandung, Denpasar, Jakarta, Makassar, Medan, Surabaya, dan Yogyakarta.

"Ini merupakan hal yang baik untuk Indonesia, dengan bantuan lembaga lembaga kebudayaan Eropa, kita sama sama bisa saling belajar dan bertukar banyak hal," katanya.

Sementara itu, Direktur Festival "Europe on Screen", Orlow Seunkeu mengatakan jika biasanya festival --yang sudah digelar ke-13 kalinya ini--, digelar pada kurun November, kali ini diadakan lebih cepat, namun dengan jumlah film yang lebih banyak. Pada 2012, hanya terdapat 50 film, namun tahun ini terdapat 72 film dari 30 negara Eropa, seperti Itali, Prancis, Belanda, Yunani, Inggris dan lainnya.

Festival kali ini juga dibagi dalam beberapa sesi. Misalnya, pada sesi Xtra yang akan menampilkan film-film populer seperti "Come As You Are", "The Fourth State", dan "Headhunters". Terdapat juga "alumni" Cannes Festival yang banyak menginspitrasi sineas Indonesia seperti "We Have a Pope"atau "Route Irish" dan "Jackie".

Selain itu, terdapat juga sesi "Discovery" yang menampilkan film, salah satunya, komedi menyentuh "Balls" dan sesi "Documentary" dengan film "Dusch" atau "Diane Vreeland"
    
Direktur Seunkeu mengatakan selain pemutaran film, terdapat juga kompetisi film pendek dan workshop tentang tata suara dan sound mixing dari Peter Warnier.

"Kami juga ingin memberi stimulus dan dorongan untuk sineas-sineas Indonesia," ujarnya.

Terdapat juga sesi pemutaran film untuk anak-anak yang akan menampilkan "Animals United", Sammy's Great Escape", "The Great Bear" dan "Zarafa".    
    
Festival Film Eropa merupakan inisiatif bersama dari para kedutaan besar dan pusat kebudayaan Eropa di Indonesia. Festival ini diselenggarakan di Indonesia pertama kali pada 1990, kemudian yang kedua pada 1999.

Lalu diselenggarakan lagi pada 2003, dan sejak saat itu Festival ini mulai mengusung nama "Europe On Screen".

(E.S. Syafei)

Pewarta: Indra Arief Pribadi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013