Belitang Hilir (Antara Kalbar) - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kabupaten Sekadau, Wirdan Machzumi mengukuhkan para siswa yang menjadi petugas Palang Merah Remaja (PMR) Wira di SMAN I Belitang Hilir pada Jumat.

"Saya yakin dan percaya kalian yang dilantik sekarang ini mendapat dukungan dari para guru, karena siswa-siswa yang memakai atribut PMR ini adalah PMR yang sudah teruji keterampilannya. Walau dengan suasana yang panas ini tentunya semangat kalian tidak akan memudar, karena dari akar rumput inilah akan jadi calon pemimpin di Kabupaten Sekadau ini. Anak-anak yang punya jiwa yang baik itu tentu dibentuk dari organisasi-organisasi yang ada seperti di sekolah ini," kata  Wirdan yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau.

Dia mengatakan, jiwa yang baik semakin ditempa dalam organisasi yang ada tentulah akan membentuk rasa kepekaan atau kepedulian, serta memupuk semangat yang baik juga. Jiwa sosial yang terbentuk dari organisasi tentulah untuk memajukan diri pribadi serta masyarakat kabupaten ini. Masa depan Kabupaten Sekadau ini ada di pundak kalian dan semangat yang tumbuh dari organisasi ini hendaknya tetap dijaga sekaligus ditingkatkan.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN I Belitang Hilir, Triman, dalam sambutannya mengatakan dirinya sangat mendukung kegiatan yang bersifatnya positif. Oleh karena itu seragam PMR Wira itu bukan untuk gagah-gagahan, tetapi identias menjadi petugas PMR yang dituntut bersedia bekerja sukarela dan siap dipanggil atau ditugaskan apabila negara atau daerah ini membutuhkan tenaga petugas jika ada bencana.

"Jangan berharap ada gaji, karena PMR itu sifatnya sukarela dan mengembangkan jiwa sosial anak-anak. Kegiatan sosial yang sudah dilakukan, pada saat ada bencana kebakaran di Belitang. Dan Kalian dituntut peka agar setiap kegiatan yang dilakukan bermanfaat, juga pada saat kalian selesai dari SMAN I Belitang Hilir ini," pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013