Sekadau (Antara Kalbar) - Kebakaran di rumah milik Albertus Pinus, Jumat sore (10/5), sekitar pukul 15.30 WIB telah menggemparkan warga di Jalan Sultan Anum RT 10 RW 02, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau.

Warga datang berduyun-duyun membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya sembari menunggu pemadam kebakaran tiba.

Albertus Pinus merupakan satu dari politisi PDI Perjuangan yang masih duduk di DPRD Kabupaten Sekadau. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

"Kaget bukan kepalang lantaran melihat gumpalan asap, namun juga bersyukur tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Saya lihat asap banyak asap timbul dari rumah, kami panik lalu ramai berkerumun dan menolong tetangga kita itu, dan Kami berusaha padamkan api menggunakan ember," cerita Aludin warga di sekitar yang kebetulan tak lain juga tetangga korban.

Sembari berupaya menolong istri pemilik rumah, Leviana dan dua anaknya, warga juga berupaya menghubungi tim pemadam kebakaran.

Satu Jam kemudian api dapat dikendalikan oleh tim pemadam kebakaran, namun api yang sudah terlanjur membesar sulit dikendalikan, meski dua unit pemadam kebakaran dikerahkan dari UPK Pemkab Sekadau dan dua unit dari Yayasan Bhakti Luhur tiba di lokasi. Petugas dibantu warga langsung melakukan pemadaman.

Sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Sekadau juga turun ke lokasi. Diantaranya, Sekda Sekadau, Yohanes Jhon, Ketua DPRD Sekadau yang juga Ketua DPC PDIP Sekadau, Aloysius, serta sejumlah anggota DPRD Sekadau, diantaranya Martinus, H Saharudin, Musa A.

Waka Polres Sekadau, Kompol Yohanes Suhardi, Kabag Ops, Kompol Rachmat Tri Haryadi, serta Kasat Reskrim Polres Sekadau, AKP Bermawis, juga turun langsung ke lokasi. “Penyebab pasti kebakaran masih kita selidiki,” kata Bermawis di lokasi kejadian.

Ketua DPRD Sekadau, Aloysius yang turun ke lokasi menggunakan sepeda motor mengaku prihatin dengan kebakaran tersebut, dan atas nama Ketua DPRD Sekadau dan Partai PDI Perjuangan.

"Kita ikut prihatin dengan kebakaran yang menimpa rekan kita ini dan kita berharap agar para kerabatnya tabah dalam menghadapi musibah itu," ungkap Aloy sapaan akrabnya.

Sementara itu Bosco yang tak lain adalah kerabat Pinus mengatakan, semalam tiba di rumah sehabis mengantar bapak ke Pontianak, namun beliau akan pulang lagi. "Waktu kejadian tadi saya masih di tempat cucian mobil," katanya.

Informasi yng dihimpun saat ini, Albertus Pinus selaku sang pemilik rumah dikabarkan sedang diluar kota mengikuti sebuah kegiatan.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013