Sungai Raya (Antara kalbar) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menggelar kegiatan khitan atau sunat massal yang diikuti sekitar150 anak dari Desa Sungai Asam dan sekitarnya.

"Kegiatan ini kita laksanakan sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kubu Raya. Sebelumnya kegiatan serupa juga sudah digelar di beberapa desa," kata Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Titus Nursiwan di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, kegiatan itu diharapkan dapat membantu masyarakat untuk mengkhitankan anak lelaki mereka, sebab untuk kondisi sekarang ini biaya yang dikeluarkan untuk khitan cukup besar.

Pantauan di lokasi sunatan massal, para orangtua tampak ikut mendampingi anaknya yang mendapat sunat gratis. Anak-anak yang masih lugu itu ada yang berteriak kesakitan, tapi ada juga yang pasrah.

"Tim medis sunatan diambilkan dari tenaga medis Puskesmas Sungai Raya dan Dinas Kesehatan serta petugas yang ada di ppuskesmas pembantu (pustu) dan puskesdes. Usai menjalani sunatan massal, anak-anak tersebut kita berikan kain sarung dan obat-obatan," tuturnya.

Ibu Sutinah, salah seorang orang tua yang datang membawa anaknya untuk mengikuti khitan massal tersebut mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada pemerintah atas adanya sunatan massal gratis untuk warga.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas adanya program pemerintah dengan sunatan massal ini. Saya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kubu Raya, beliau membantu kami menyunatkan anak-anak kami," katanya.

Dia mengaku Pemkab Kubu Raya selalu memberikan program yang baik bagi masyarakat.

"Seperti sekarang ini, berobat kami gratis, sunatan juga gratis, ini sangat membantu kami," ucap Sutinah.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus juga meringankan beban masyarakat dalam menyunatkan anak-anak mereka.

"Ini kegiatan adalah untuk membantu meringankan beban masyarakat, karena sunatan ini kita gratiskan dan kita buka untuk semua masyarakat," katanya.

Di samping sunatan gratis juga dibuka pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat dan sekaligus memberikan ketenangan bagi masyarakat Kubu Raya, sesuai dengan komitmen pemkab adalah semua masyarakat terlayani dengan baik dan tenang, kata Muda Mahendrawan. 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013