Pontianak (Antara Kalbar) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Khatulistiwa Kota Pontianak menyatakan, tahun 2014 akan melakukan penambahan "booster" atau tempat penampungan air sebelum didistribusikan ke pelanggan dengan kapasistas 300 liter/detik.

"Penambahan "booster" itu untuk meningkatkan pelayanan PDAM kepada masyarakat yang ada di sekitarnya," kata Plt Direktur Utama PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak Affandi di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan, penambahan "booster" itu di kawasan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Jalan Imam Bonjol.

"Dengan kapasitas 2.100 liter/detik, maka kami bisa melayani 120 ribu pelanggan dari saat ini sekitar 88 ribu pelanggan," ungkapnya.

Affandi menambahkan, untuk tahun 2017 - 2018 PDAM juga akan menambah pipa baru lagi, namun pipa ini belum diketahui akan ditempatkan di mana dalam meningkatkan pelayanan air bersih.

PDAM sepanjang tahun 2013 telah membangun empat unit "booster" dalam meningkatkan distribusi air ke pelanggan.

"Empat `booster` tersebut masing-masing dua dibangun menggunakan anggaran APBD Pemerintah Kota Pontianak, dan dua lagi dari APBN, dengan total anggaran Rp14 miliar hingga Rp15 miliar," kata Affandi.

Pembangunan "booster" guna meningkatkan jangkauan distribusi air PDAM ke pelanggan, terutama pelanggan yang berada di ujung atau pinggiran Kota Pontianak yang selama ini jangkauan airnya belum lancar, katanya.

Dua "booster" dari APBD Pemkot Pontianak, masing-masing di Kecamatan Pontianak Utara dan Barat, kemudian untuk "booster" bantuan APBN di bangun di Kecamatan Pontianak Tenggara dan Pontianak Selatan, katanya.

"Kami berharap dengan dibangunnya `booster` tersebut maka kawasan pemukiman yang selama ini distribusi airnya tidak lancar menjadi lancar sehingga kebutuhan air bersih warga Pontianak bisa terpenuhi," ujarnya.

(A057/E001)

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013