Sekadau (Antara Kalbar) - Gawai besar setingkat Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau tahun 2013 yang akan dipusatkan di halaman SMP Santo Gabriel siap digelar 25 – 28 September 2013. Hal itu disampaikan langsung oleh Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau Pastor Kristianus, CP saat menghadiri  rapat persiapan panitia di gedung kateketik belum lama ini.

Dikatakan pastor Kris panggilan akrabnya, kegiatan BKSN merupakan agenda rutin paroki santo Setrus dan Paulus Sekadau yang dilaksanakan setiap tahun.

Dijelaskan pastor Kris, tujuan dilaksanakan BKSN adalah untuk mendekatkan dan memperkenalkan umat dengan Sabda Allah. Kitab Suci juga diperuntukkan bagi umat biasa, tidak hanya untuk kelompok tertentu dalam gereja. Mereka dipersilakan melihatnya dari dekat, mengenalnya lebih akrab sebagai sumber dari kehidupan iman mereka. selain itu  untuk mendorong agar umat memiliki dan menggunakannya.

“Melihat dan mengagumi saja belum cukup. Umat perlu didorong untuk memilikinya paling sedikit setiap keluarga mempunyai satu kitab suci di rumahnya. Dengan demikian, umat dapat membacanya sendiri untuk memperdalam imannya sendiri,” ujarnya.

Dikatakan pastor yang pernah bertugas di paroki Nanga Mahap ini ada banyak kegiatan yang akan dilaksanakan dalam rangka memeriahkan kegiatan BKSN 2013 ini, diantaranya lomba koor antar kring dan beberapa stasi di dalam kota Sekadau, lomba baca kitab suci, lomba cerdas cermat kitab suci, permainan rakyat, olahraga bola kaki dan bola volley putra dan volley.

Selain itu panitia juga akan menggelar kegiatan karnaval untuk kring, stasi dan atau kelompok kategori mengelilingi kota Sekadau pada acara pembukaan.  “Silahkah dihias dengan cantik kendaraan hiasnya, dengan tidak melupakan makna BKSN, begitu juga dengan stan dan warung,” himbau Pastor Kris.

Dalam acara BKSN ini, lanjut pastor Kris, akan dibuka stan pameran dan warung dan hiburan.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Ponsianus Herma ditempat terpisah mengatakan, persiapan pelaksanaan BKSN sudah hampir rampung dan tinggal menunggu hari pelaksanaan. “Kita sudah melaksanakan rapat panitia untuk memantapkan persiapan pelaksanaan BKN ini. Kita berharap sema panitia solid untuk mensukseskan kegiatan BKSN yang kita cintai ini,” ajaknya.

Bupati Sekadau Simon petrus dalam sambutannya ketika ditemui panitia mengatakan menyambut baik kegiatan BKSN paroki Santo Petrus dan Paulus Sekadau tahun 2013 dalam rangka pembinaan iman dan penghayatan kitab suci bagi umat kristiani. “Saya menyambut baik kegiatan ini, dan saya upayakan akan hadir membuka kegiatan BKSN, mudah – mudahan tidak ada jadwal kegiatan di luar, sehingga saya bisa hadir untuk membuka kegiatan BKSN nanti,” ujarnya.


(Humas Pemkab Sekadau)

Pewarta: Hartono*

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013