Sekadau ( Antara Kalbar ) -Sekitar  400 orang guru di daerah terpencil setiap bulan sudah mendapatkan tunjangan daerah terpencil dari pemerintah daerah melalui Dana Alokasi Umum ( DAU ), kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga kabupaten Sekadau Djemain Burhan.

Dikatakannya, pada umumnya semua personil guru sudah menjadi pegawai negeri sipil ( PNS ) yang mengabdi di beberapa daerah yang tersebar di setiap kecamatan di Kabupaten Sekadau.

"Tunjangan sudah didapat, maka diharapkan betah membangun di Kabupaten Sekadau.," kata Djemain kepada pers Kamis (28/11).

Ia mengatakan, sekitar 400 guru itu mengajar di 64 sekolah jenjang SD dan SMP di daerah terpencil yang tersebar, dan tunjangan daerah terpencil dari pemerintah dibayarkan per semester.

Sementara itu adanya keluhan warga bahwa ada guru tidak disiplin dalam mengajar, atau adanya guru kesulitan tempat tinggal, maka pada tahun 2013 telah dibangun 19 unit rumah dinas guru di Kabupaten Sekadau.

Djemain menyampaikan, dari 19 unit rumah itu ada 1 unit rumah dinas untuk guru SMA, sementara yang lainnya untuk sekolah jenjang SD yang guru-gurunya benar-benar tidak memiliki tempat tinggal. "Hal ini kita lakukan bertahap, dan tidak bisa sekaligus di semua tempat, jadi yang belum dapat supaya bersabar," katanya.

"Untuk personil yang malas mengajar dan tidak mengidahkan prosedur yang berlaku tentu akan ditegur melalui prosedur yang ada dan tidak bisa main hajar saja. Karena itu kita imbau kepada tenaga pendidik agar punya komitmen membangun pendidikan. Memiliki rasa secara moral bagaimana membuat anak didik berhasil, sepertinya anak didik itu anak kita," pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013