Sekadau (Antara Kalbar) - Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang kini sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Kabupaten Sekadau penting untuk membentuk kepribadian anak sehingga siap dalam menempuh ilmu di jenjang pendidikan formal.

“Harus kita akui, masih ada anggapan bahwa PAUD itu tidak penting. Jaman dahulu langsung sekolah tingkat SD, dan itu anggapan yang salah. PAUD itu penting untuk anak sebelum menempuh pendidikan di jenjang formal,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sekadau melalui Kabid Pendidikan Luas Sekolah, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sekadau, K. Jipalis, Jumat.

Ia menegaskan, PAUD merupakan wadah pembinaan untuk anak usia 0 - 6 tahun sebelum menempuh pendidikan di jenjang lebih tinggi. Di PAUD, jasmani dan rohani anak dirangsang dengan metode pengajaran sedemikian rupa hingga kelak siap menghadapi situasi baru di pendidikan formal, terutama saat masuk SD.

"PAUD membentuk kesiapan pribadi anak. Jadi, perannya cukup penting dan jangan dianggap remeh," katanya.

Di Kabupaten Sekadau sendiri, lanjutnya, sampai tahun 2013 ini setidaknya sudah ada 124 unit lembaga penyelenggara PAUD yang sudah beroperasi dan terdaftar di Disdikpora.

"Lembaga-lembaga PAUD itu tersebar di wilayah tujuh Kecamatan, bahkan sampai ke pelosok, dan untuk membuat program itu berhasil, para orang tua juga dituntut ambil bagian dalam pendidikan dini dirumah masing-masing," pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013