Pontianak (Antara) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat menyambut baik rencana Pemerintah Kalimantan Barat dalam pembentukan PT. Jamkrida untuk membantu UKM dalam penjaminan modal usaha.

"Pemprov Kalbar saat ini sudah membentuk PT. Jamkrida. Dari informasi yang kita dapat, perda untuk PT tersebut sudah ada, bahkan saat ini tinggal menunggu pengurusan badan hukumnya, mengingat modal yang digunakan bersumber dari APBD, sehingga memerlukan persetujuan DPRD, dan lembaga lainnya," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Kalbar, Hilman Tisnawan, Senin.

Dia menjelaskan, dengan adanya PT. Jamkrida tersebut, setiap UKM bisa melakukan pinjaman ke bank tanpa memikirkan agunan, karena sudah dijamin oleh PT. Jamkrida tersebut.

Dengan demikian, UMKM yang ingin mengembangkan usahanya dan membutuhkan permodalan, sudah tidak perlu khawatir lagi untuk memikirkan agunan yang selama ini menjadi persyaratan dari pihak perbankan dalam memberikan pinjaman.

"Nantinya, PT. Jamkrida itu yang akan menjamin pinjaman dari UMKM kepada perbankan, selama UMKM itu terdata oleh PT. Jamkrida. Ini tentu langkah yang sangat baik dalam mengembangkan UMKM dan kita sangat mengapresiasi langkah pemprov Kalbar," tuturnya.

Terkait dengan pembentukan PT. Jamkrida tersebut, Hilman menyatakan pihaknya akan memberikan dukungan penuh dan siap memberikan bantuan apapun yang dibutuhkan, agar Jamkrida tersebut bisa segera terwujud.

Hilman mengatakan, saat ini sudah ada beberapa provinsi yang ada di Indonesia yang sudah membentuk Jamkrida tersebut. Untuk itu pihaknya sangat berharap agar Jamkrida yang ada di Kalbar bisa segera aktif, sehingga bisa membantu pengembangan usaha dari UMKM.

"Bisa kita pastikan, dengan adanya Jamkrida ini, UMKM yang ada di Kalbar tidak perlu pusing-pusing lagi mencari tambahan modal untuk pengembangan usahanya. Dengan demikian, perputaran ekonomi di Kalbar tentu akan semakin baik, dan itu akan sangat berpengaruh pada upaya kita dalam menekan terjadinya inflasi," kata Hilman.

Dia berharap, pemerintah kabupaten dan kota yang ada di Kalbar bisa ikut mendukung terbentuknya Jamkrida ini, karena pemerintah kabupaten dan kota tentu juga memiliki andil besar dalam hal tersebut.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014