Sekadau (Antara Kalbar) - Perpustakaan keliling selalu disambut antusias warga dan pelajar di wilayah Kabupaten Sekadau.  Memasuki pekan ke-2 para petugas perpustakaan keliling itu mendatangi dan melayani pembacanya.

"Warga minta tiap bulan dikunjungi bergiliran rutin, termasuk sekolah-sekolah. Tapi waktunya sulit dipenuhi mengingat terbatasanya personil dan kegiatan lainnya," kata Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sekadau J.S. Batur di ruang kerjanya, Rabu (22/1).

"Meski terbatas tenaga dan kendaraan, sebenarnya kita sudah sangat senang dengan minat baca masyarakat yang tinggi. Mereka antusias mengunjungi mobil perpustakaan kalau sudah parkir, rata-rata yang datang kebanyakan pelajar dan umum. Dalam bulan Januari ini sudah melasyani 3 lokasi dari 6 lokasi yang diagendakan" ungkapnya.

Mantan Camat Belitang Hulu itu mengatakan, sementara ini khusus jalur sutera dulu yang disambangi, seperti daerah Tapang Sambas atau arah jalan raya Sekadau-Sintang. Alasannya saat ini musim penghujan jadi dengan fokus di jalur sutera dulu, agar kendaraan tidak kesulitan menembus jalan.

Selain itu J.S. Batur mengimbau dan mengajak seluruh PNS di lingkungan Pemda Sekadau untuk menjadi anggota perpustakaan Kabupaten Sekadau. Tujuannya, untuk memasyarakatkan budaya gemar membaca yang dimulai dari PNS sebagai motor penggerak dan motivator pembangunan.

"Kita mulai PNS menjadi anggota perpustakaan kabupaten Sekadau, maka masyarakat juga akan mengikuti motor penggerak tersebut. Kalau ada oknum PNS tidak mau jadi anggota, berarti mereka bukan motivator pembangunan, tapi saya yakin untuk Kabupaten Sekadau pasti tidak masalah dan PNS-nya tetap proaktif mendukung sebuah program pembangunan daerah di bidang pendidikan melalui gemar membaca," paparnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014