Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak tujuh ekor reflika naga sejak, Rabu pagi menjalani ritual "naga buka mata" di Klenteng Kwan Tie Bio, sebagai tahapan dalam merayakan Cap Go Meh (hari ke-15 Imlek), kata Ketua Imlek dan CGM Pontianak tahun 2014 Zufri Sjukur.

"Satu persatu reflika naga dari berbagai yayasan pemadam kebakaran (YPK) melakukan ritual `naga buka mata` di Klenteng Kwan Tie Bio," kata Zufri Sjukur di Pontianak.

Dari jadwal yang telah ditentukan pihak panitia, yang pertama kali melakukan ritual "naga buka mata" yakni naga dari YPK Merdeka, kemudian disusul naga YPK Beringin, naga YPK Khatulistiwa, naga Budi Pekerti, naga dari YPK Bhakti Suci, dan terakhir naga dari YPK Mitra Bhakti.

Menurut dia, setelah melakukan ritual ada juga diantaranya yang melakukan kunjungan ke donatur-donatur.

Zufri menjelaskan, ritual "naga buka mata" dilakukan oleh seorang dukun yang kerasukan arwah Sun Go Kong (Dewa Kera), kemudian dukun itu lalu memberikan tanda merah pada mata replika naga yang berarti mata naga itu telah dibuka dan mempunyai kekuatan atau keajaiban dalam mengusir roh jahat.

"Ritual tersebut selalu kami lakukan sebelum naga diarak keliling Kota Pontianak, atau pada Perayaan CGM, Jumat (14/2)," ungkapnya.

(A057/B008)

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014