Purwokerto (Antara Kalbar) - Kepolisian Sektor Purwokerto Selatan mengevakuasi seorang pencuri yang terjebak dalam gorong-gorong saluran pembuangan milik salah seorang warga Jalan Sarwodadi RT 02 RW 08, Kelurahan Berkoh, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa siang. 

Informasi yang dihimpun, peristiwa tersebut terjadi setelah warga mengejar kawanan pencuri yang berjumlah empat orang itu keluar dari rumah Hery yang kosong karena ditinggal penghuninya. Hery sendiri ketika pulang baru mengetahui ada dua sepeda motor di depan rumahnya. 

Dia juga melihat ada seseorang yang berdiri di pintu pagar rumahnya. 

Tidak lama kemudian, orang itu bersama tiga orang lainnya yang baru keluar dari rumah Hery langsung kabur menggunakan sepeda motor. 

Hery bersama warga segera mengejar empat orang itu, namun salah seorang di antaranya justru masuk ke dalam gorong-gorong saluran pembuangan milik Sugiarto setelah terjatuh dari motor. 

"Tadi ada empat orang, semuanya kabur namun salah seorang pencuri yang membawa tas berisi laptop sempat ditarik hingga akhirnya jatuh dari motor. Orang itu langsung lari dan masuk gorong-gorong milik Pak Sugiarto," kata salah seorang warga, Bondan. 

Menurut dia, gorong-gorong tersebut merupakan saluran pembuangan dari kamar mandi dan kakus milik Sugiarto. 

"Untungnya aksi pencurian tersebut diketahui Pak Hery yang baru pulang dari memberikan penyuluhan tentang kewaspadaan terhadap aksi pencurian di salah satu hotel," katanya. 

Sementara itu, petugas dari Polsek Purwokerto Selatan yang tiba di lokasi kejadian sempat menyalurkan oksigen ke dalam gorong-gorong agar pencuri yang terjebak selama dua jam itu tidak kehabisan oksigen. 

Selanjutnya, polisi yang dibantu warga segera membongkar lantai kamar mandi di rumah Sugiarto menggunakan linggis agar bisa masuk ke dalam gorong-gorong untuk mengevakuasi pencuri. 

Setelah berhasil dievakuasi, pencuri yang diketahui bernama Agus Indra Setiawan (30) warga Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, itu segera dibawa ke Markas Polsek Purwokerto Selatan untuk menjalani pemeriksaan. 

Proses evakuasi tersebut dilakukan dengan pengawalan ketat polisi agar pencuri itu terhindar dari amukan warga yang berkumpul di sekitar lokasi kejadian. 

Saat ditemui wartawan, Kepala Polsek Purwokerto Selatan Komisaris Polisi Budi Suwarno mengatakan bahwa pihaknya akan memeriksa pencuri itu dan melakukan pengembangan guna menangkap tiga pencuri lainnya yang kabur. 

"Oleh karena dikejar warga, dia masuk ke dalam gorong-gorong yang lebih kecil (diameternya, red.) hanya 30 centimeter," katanya. 
*****

Pewarta: Sumarwoto

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014