Sintang (Antara Kalbar) -  Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang mengajak para pelajar SMA untuk mendaur ulang barang-barang bekas menjadi barang berguna melalui lomba kerajinan tingkat SMA yang dilaksanakan pada Sabtu (31/5).

Kepala BLH Kabupaten Sintang, Abdurani menyampaikan selain lomba tersebut, BLH Kabupaten Sintang juga menggelar lomba debat tentang lingkungan tingkat SMA.

Dia mengatakan peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun ini mengusung tema satukan langkah lindungi ekosistem pesisir dari dampak perubahan iklim.

"Untuk tingkat mahasiswa, kami menggelar lomba pidato antar mahasiswa dengan tema yang sama," katanya.
Selain itu, juga diadakan lomba fashion show tingkat TK dengan menggunakan pakaian berbahan daur ulang. Juga ada lomba baca puisi tingkat SD dan SMP, lomba mewarnai tingkat TK. Terakhir akan dilaksanakan senam sehat dan jalan santai pada 6 Juni mendatang.

Abdurani mengatakan target dari peringatah hari lingkungan sedunia tahun ini diharapkan tumbuh kesadaran dari masyarakat terutama generasi muda untuk memahami dampak perubahan iklim sangat berbahaya.

"Kami ingin generasi muda ini mau bersama-sama memelihara ekosistem di lingkungan mereka masing-masing," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya ingin sekali memerankan masyarakat sebagai subyek yang utama dalam memelihara lingkungan hidup mulai dari keluarga, rukun tetangga sampai akhirnya meluas.

"BLH Kabupaten Sintang juga bersama-sama dengan SKPD lain akan terus menjadi pelopor dalam melestarikan lingkungan hidup," kata dia lagi.

Kampanye terhadap pelestarian lingkungan hidup ini juga melalui duta-duta lingkungan hidup yang sudah dilatih. "Semoga para duta lingkungan hidup ini bisa mensosialisasikan pentingnya melestarikan lingkungan sekitarnya," katanya setengah berharap.

(Faiz/N005)

Pewarta: Faiz

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014