Pontianak (Antara Kalbar) - PT PLN Wilayah Kalimantan Barat melalui Area Singkawang telah berhasil menjadikan pengguna listrik di Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang, seluruhnya menggunakan listrik prabayar.

"Kami optimistis, pengguna listrik prabayar ini akan terus meningkat," kata General Manajer PLN Wilayah Kalbar Hot Martua Bakara saat dihubungi di Pontianak, Rabu.

Saat ini, lanjut dia, jumlah pengguna listrik prabayar di Kalbar mencapai 29 persen dari total pelanggan PLN.

Menurutnya, PLN Rayon Sungai Duri Area Singkawang termasuk yang mampu mendorong pelanggan untuk beralih dari listrik pascabayar ke prabayar.

Ia menambahkan, ada berbagai langkah yang dapat dilakukan untuk mendorong masyarakat beralih ke listrik prabayar atau yang kerap disosialisasikan sebagai listrik pintar.

"Misalnya dengan mengedukasi masyarakat tentang cara penggunaan listrik prabayar," katanya.

Ia melanjutkan, pelanggan akan memperoleh banyak keuntungan dari listrik prabayar. Diantaranya, tidak dikenakan biaya beban, pelanggan dapat mengontrol pemakaian listrik, voucher mudah didapat dan bebas dari kesalahan pencatatan.

Manajer PLN Area Singkawang Darmadi menuturkan, saat ini tengah gencar menggalakkan listrik prabayar. "Karena memberi keuntungan bagi kedua belah pihak," ujarnya.

Sementara Manajer PLN Rayon Sungai Duri, Nanang menambahkan, dibutuhkan pendekatan yang berbeda di masyarakat. "Sosialisasi di tiap daerah tidak sama," kata Nanang.

Ia memilih bertemu langsung dengan masyarakat sebagai cara terbaik untuk mensosialisasikan listrik pintar. "Komunikasi menjadi lebih mudah," katanya.

Salah seorang pelanggan PLN di Pulau Lemukutan, Roni mengakui ada beberapa perubahan yang ia lakukan sejak menggunakan listrik prabayar.

"Kami merasa dilatih untuk berhemat dalam menggunakan listrik," kata Roni seraya menambahkan sehingga ia dapat menekan pengeluaran dan menggunakan listrik sesuai kebutuhan.

Pulau Lemukutan merupakan satu dari sejumlah pulau yang terletak di wilayah pesisir Utara Kalimantan Barat. Penghuni pulau tersebut adalah nelayan dan petani cengkeh. Pulau ini dikenal pula dengan kondisi bawah lautnya yang indah dan dipenuhi beragam karang serta ikan hias.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014