Kubu Raya (Antara Kalbar) - Akhir Ramadhan ketika masa sekolah sudah mulai libur untuk menyambut datanganya Idul Fitri, banyak orang yang sibuk mempersiapkan diri menyiapkan kue dan jajanan lain untuk Lebaran. Begitu juga dengan rekan relawan Sekolah Guru Indonesia yang saat ini ditempatkan di Kubu Raya juga ikut menyibukkan diri dengan kegiatan yang dilakukannya di daerah tersebut.

Relawan dari Dompet Dhuafa yang digawangi oleh Fachruddien Imam ini berbagi kebahagian dengan masyarakat, khususnya warga dari kalangan dhuafa, dengan membagikan paket sembako dan paket lain untuk masyarakat kurang beruntung tersebut.

Dari dana yang dikumpulkan, di antaranya dari Lebaran Wishes akhirnya paket tersebut bisa diwujudkan untuk membantu masyarakat daerah penempatan mereka, di antaranya Desa Parit Pangeran (Kec.  Kuala Mandor B), Sungai Bulan ( Kec. Sungai Raya), Arus Deras ( Kec. Teluk Pakedai), Tanjung Saleh (Kec. Sungai Kakap) dan juga Tasik Malaya ( Kec. Batu Ampar).

Paket ini mulai dibagikan kepada masyarakat pada hari Rabu (23/7) di daerah Kuala Mandor B dan menyusul daerah lain sampai akhir Ramadhan ini. “Bahagia rasanya melihat senyum mereka meski apa yang kami berikan tak seberapa. Kami berharap apa yang kami lakukan ini bermanfaat untuk menyambut Idul Fitri” ucap Febri Reviani, salah satu relawan SGI Dompet Dhuafa.

Memasuki rumah ke rumah menjadi kesan tersendiri bagi para relawan. Dengan tujuan yang disampaikan sebelumnya, ada saja warga yang merespon kaget secara spontan. Salah satu warga terlihat masih bingung ketika relawan menjelaskan bahwa mereka datang untuk menyalurkan sedekah dari masyarakat.

“Nenek ndak ade (uang) nak. Kalo sedikit-sedikit mau?” ucap nenek usia 70-an ini ketika mengira para relawan datang meminta sumbangan dengan menukar sembako. Senyum mengembang lebar disertai ungkapan syukur, terima kasih dan rentetan doa ketika nenek tahu maksud dan tujuan mereka sebenarnya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, masyarakat kecil juga bisa meresakan bahwa Ramadhan memang bulan penuh berkah. Masyarakat sekitar musti lebih peduli terhadap sesamanya dan  pemerintah juga lebih memperhatikan kondisi mereka, kapan pun dan dimanapun mereka, tidak hanya ketika menjelang pemilu saja.

*Rilis SGI Dompet Dhuafa Kubu Raya

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014