Makkah (Antara Kalbar) - Jemaah haji Indonesia dijadwalkan mulai meninggalkan kota Madinah, Selasa (9/9) sore, dan diperkirakan sampai di Makkah pada (10/9) Rabu dini hari, untuk langsung melaksanakan umroh wajib.

Menurut jadwal kedatangan jemaah haji Kantor Urusan Haji Indonesia Daerah Kerja Makkah, Senin, jemaah haji akan tiba di Mekkah pukul 00.15 waktu Arab Saudi, setelah berangkat dari Madinah pukul 16.00.

Kepala Seksi Bimbingan Ibadah Daerah kerja Makkah Agus Miroji pada MCH, Senin, mengatakan jemaah haji akan miqat (berhenti untuk berniat umroh) di Bir Ali sehingga sampai di Makkah Rabu dini hari(10/9).

Jemaah haji yang tiba pertama tiba di Makkah berasal dari kloter pertama embarkasi Pondok Gede, Jakarta. Jumlah jemaah ketika berangkat dari Jakarta sebanyak 455 orang. Menurut jadwal pada 10 September akan bergerak enam kloter dari Madinah ke Makkah.
 
Kepala Daker Makkah Endang Jumali mengatakan sudah siap menerima kedatangan para jemaah haji dari Indonesia yang sampai di Mekkah. Mereka akan disambut antara lain oleh Muasassah (pihak swasta Arab Saudi yang menangani jemaah haji), Konjen RI dan Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji 2014 Arab Saudi.

Gelombang pertama jemaah haji Indonesia mulai meninggalkan Tanah Air 1 September dan langsung ditempatkan di Madinah untuk melaksanakan sunah arbain atau sholat wajib 40 waktu di Masjid Nabawi (lima kali sholat wajib selama delapan hari). Setelah menyelesaikan arbain di Madinah, jemaah akan bergerak ke Makkah.

Sementara itu gelombang kedua jemaah haji Indonesia akan berangkat 15 September dan setelah mendarat di Jeddah langsung berangkatkan ke Makkah.

Jumlah kuota jemaah haji Indonesia tahun 2014 sebanyak sekitar 168.800 orang, yang terdiri atas 155.200 haji reguler dan 13.600 haji khusus.

(U002/N. Yuliastuti)

Pewarta: Unggul Tri Ratomo

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014