Sungai Raya (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Husein Syahwiek memastikan proses penerimaan CPNS tahun 2014  berlangsung sesuai prosedur dan mekanisme yang ditetapkan oleh BKN dan Kemenpan RI.

"Alhamdulillah, sampai saat ini kita belum menemukan kendala yang berarti dalam proses penerimaan CPNS tahun ini. Kita harus mengakui, memang ada kendala teknis yang terjadi, namun cepat segera kita tanggulangi," katanya di Sungai Raya, Senin.

Menurut Husein, penerimaan CPNS tahun ini murni menggunakan aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan BKN dan Kemenpan. Berdasarkan hal tersebut, bagi para peserta yang berminat mendaftarkan dirinya sebagai CPNS di Kubu Raya diharapkan untuk mengikuti aturan yang telah ditentukan dan tidak mudah percaya akan adanya mafia yang mencoba memanfaatkan momen penerimaan CPNS tersebut.

"Jika memang layak yang lulus dalam seleksi maka dirinyalah yang terpilih. Silakan peserta yang ada ikuti aturan, Insya Allah semuanya akan sesuai prosedur yang telah ditetapkan," tuturnya.

Terkait proses penerimaan tersebut, dia mengharapkan partisipasi masyarakat Kubu Raya yang berminat menjadi keluarga besar Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kabupaten Kubu Raya untuk mendaftarkan diri dalam pembukaan CPNS tahun 2014.

"Tahapan-tahapan telah kita laksanakan,dan pendaftaran telah dibuka, untuk pendaftaran silakan mendaftar via online ke situs yang telah ada, dan nantinya berkas-berkas yang merupakan persyaratannya akan langsung ke BKD Kubu Raya," katanya.

Husein menjelaskan, penerimaan CPNS tahun ini dengan formasi 113 orang yang nantinya diterima dan akan ditempatkan di masing-masing SKPD yang telah mendapat jatah untuk menambah jumlah aparaturnya.

Menurutnya, dalam seleksi CPNS di Kubu Raya memang mengutamakan putra-putri daerah sebagaimana yang telah diimbau oleh Menpan RI. Namun walaupun begitu dirinya yakin masyarakat Kubu Raya yang mendaftar tidak kalah saing dengan masyarakat lainnya untuk berkompetisi menjadi yang terbaik.

"Pastinya satu peserta boleh mendaftarkan diri di tiga formasi dalam satu dinas, tidak boleh mendaftar tiga formasi namun di ruang lingkung dinas-dinas yang berbeda," kata Husein.

Dia yakin pada penerimaan tahun ini akan berjalan dengan transparan, karena metode yang ada sangat-sangat berbeda dengan tahun 2010 dan 2012, maka ia optimistis berjalan lancar.

"Insya Allah perekrutan tahun ini berjalan dengan lancar, karena potensi untuk melakukan kecurangan-kecurangan sangatlah kecil, maka dari itu kita yakin tahun ini Kubu Raya akan mendapatkan tambahan aparatur negara di lingkungan SKPD Kubu Raya," katanya.

(KR-RDO)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014