Sintang (Antara Kalbar) - Jumlah pelamar CPNS di Kabupaten Sintang diprediksi bakal membludak melebihi tahun lalu.

Sampai hari Rabu (17/9) kemarin, jumlah pelamar CPNS di Kabupaten Sintang yang sudah mendaftar secara online mencapai 1.304 orang. Dari jumlah tersebut, peserta yang sudah mengantarkan berkas lamarannya ke BKD Kabupaten Sintang hingga pukul 10.00 WIB baru 183 orang.

Kepala BKD Kabupaten Sintang, Veronika Ancili menyampaikan dari 183 pelamar yang telah menyampaikan berkasnya ke BKD, hingga saat ini pelamar terbanyak pada formasi tenaga teknis dan fungsional pendidik.

Dia berharap, pada penerimaan CPNS tahun ini dari 99 formasi yang ada, semua formasi dapat terisi.

Dikatakannya, penerimaan CPNS tahun lalu, ada sekitar 50 an formasi yang tidak terisi karena pelamarnya tidak memenuhi passing grade.

"BKD kemudian menyampaikan lagi formasi yang kosong tersebut dan sebagian formasi kembali dibuka dalam penerimaan CPNS tahun ini. Jadi total 99 formasi untuk Sintang sudah termasuk dengan formasi tahun lalu yang kosong dan dibuka kembali," jelasnya.

Ia mengatakan passing grade pada sistem CAT dengan sistem LJK tahun lalu sedikit berbeda. Pada sistem CAT passing grade untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) jumlahnya 105, Tes Intelegensi Umum (TIU) jumlahnya 75 dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) jumlahnya 70.

"Melalui sistem CAT ini, peserta setelah selesai tes langsung bisa melihat nilai mereka apakah memenuhi passing grade atau tidak," katanya.

Veronika menyampaikan jika melihat pengalaman tahun sebelumnya, peserta tes CPNS sebenarnya tidak kesulitan dengan soal yang ada. Namun mereka mengaku kekurangan waktu untuk mengisi soal yang diberikan.

"Karena saat itu dengan jumlah soal 120 harus diselesaikan dalam waktu 120 menit. Jadi satu soal harus selesai dalam waktu satu menit," katanya.

Untuk melaksanakan tes dengan sistem CAT ini, lanjut Veronika, Pemkab Sintang sudah menyiapkan perangkatnya di SMKN 1 Sintang.

Dikatakannya, pada tanggal 23 September nanti, tim dari BKN dan Paselnas juga akan memantau kesiapan perangkat yang dimiliki Kabupaten Sintang untuk melaksanakan tes CPNS pada 10 Oktober mendatang.

(Faiz/N005)

Pewarta: Faiz

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014