Sanggau (Antara Kalbar) – Kepala Dinas Kesehatan Sanggau Jones Siagian mengungkapkan, indeks pembangunan manusia di kabupaten itu menempati peringkat keempat di Provinsi Kalimantan Barat.



"Nah, peringkat kesehatan masyarakat di Kabupaten Sanggau ini dapat dilihat dari tingkat harapan hidupnya. Usia harapan hidup masyarakat Sanggau mencapai 69 tahun," kata Jones di Sanggau, Kamis.



Untuk itu, kata Jones, ke depan Pemkab Sanggau sedang berupaya keras menuju Sanggau Sehat 2019. Makanya, sangat perlu adanya upaya dan langkah-langkah untuk mewujudkan hal itu.



"Ada enam langkah yang sudah disusun untuk mewujudkan Sanggau Sehat 2019 itu," timpal dia.



Enam langkah yang dimaksud Jones yakni meliputi pemerataan pelayanan kesehatan, pencegahan dan pengendalian penyakit menular berbahaya, mengampanyekan dan meningkatkan kesehatan lingkungan, meningkatkan kesehatan keluarga, mengefektifan sistem informasi kesehatan daerah, dan meningkatkan kualitas dan kuantitas tenaga medis.



"Itu adalah enam langkah yang kita tempuh. Karena indikator IPM selalu mengacu kepada pendidikan, kesehatan dan pendapatan perkapita," tutur dia.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014