Sintang (Antara Kalbar) - Tes CPNS di Kabupaten Sintang sudah dimulai sejak Kamis (6/11), dan sehari tes berlangsung sebanyak lima sesi. Setiap sesi terdiri dari 100 orang.

Usai tes, sejumlah peserta mengeluhkan sulitnya soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes yang menggunakan sistem CAT tersebut sempat dipantau langsung oleh Bupati Sintang, Milton Crosby yang sejak pukul 08.30 sudah memelototi layar monitor CAT yang memperlihatkan nilai hasil tes para peserta.

Salah seorang peserta tes menyampaikan soal tes yang mencakup Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) memang cukup sulit. Tapi menurutnya soal TKP yang paling sulit. Untuknya peserta ini berhasil memenuhi 'passing grade' untuk ketiga jenis soal tersebut dengan nilai akumulasi sekitar 360.

Dia mengatakan setelah selesai, di layar monitor langsung muncul tulisan; ‘selamat anda lulus passing grade’. Menurut dia, TKP sulit karena dalam opsi jawaban pilihan a, b, c dan d hampir sama terkait pengambilan keputusan. "Ini yang membuat pusing," ujarnya.

Sementara Aris, salah seorang pengawas tes CPNS dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan, sesuai tata tertib, setiap peserta harus datang satu jam sebelum tes dimulai. Peserta tes sebelum masuk ke ruangan tes harus mendaftar ke panitia dan mendengarkan petunjuk teknis pelaksanaan tes. "Tujuannya supaya peserta familiar dengan apa yang harus dia lakukan selama tes," kata dia.

Dikatakannya, peserta diberi waktu untuk mengerjakan soal selama 90 menit. Setelah peserta selesai mengerjakan soal, jika waktu tes belum habis maka peserta harus mengklik kode selesai. Setelah itu keluar kuesioner yang harus diisi oleh peserta. Jika kuesioner ini sudah selesai diisi maka langsung keluar tulisan; ‘selamat anda memenuhi passing grade’ atau; ‘anda tidak memenuhi passing grade, terima kasih’.

"Sementara jika waktu sudah habis sementara soal belum selesai dikerjakan maka aplikasi langsung close dan keluar kuesioner yang harus diisi oleh peserta. Setelah itu baru keluar tulisan apakah dia memenuhi passing grade atau tidak," katanya.

Tes CPNS di Kabupaten Sintang ini dilaksanakan dari tanggal 6-10 November.

Pewarta: Faiz

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014