Pontianak (Antara Kalbar) - Prof Dr Thamrin Usman DEA mendapat suara terbanyak dalam penyaringan calon Rektor Universitas Tanjungpura Pontianak periode 2015 - 2019.

"Kalau melihat dari suara yang diperoleh, peluangnya cukup besar untuk kembali terpilih," kata Ketua Sidang Penyaringan Calon Rektor Untan Periode 2015 - 2019, Prof Abdul Hamid M Eng di Pontianak, Senin.

Berdasarkan sidang yang berlangsung di Rektorat Untan, ada lima nama yang masuk untuk diseleksi menjadi tiga. Yakni Thamrin Usman yang juga incumbent, Ir Abu Bakar Alwi MT P Hd (Pembantu Rektor I Untan, Fakultas Teknik), Dr Witarsa M Si (FKIP), Prof Dr Garuda Wiko SH M Si (Fakultas Hukum), dan Dr Rustiyarso M Si (Fisip).

Dari 59 anggota Senat Untan, dua diantaranya tidak hadir karena alasan kesehatan.

Hasilnya, Thamrin Usman mendapat 32 suara, Abu Bakar Alwi mendapat 11 suara, dan Garuda Wiko 14 suara.

"Tiga nama yang memperoleh suara terbanyak ini, data-datanya akan dikirim ke menteri," ujar Abdul Hamid yang juga Sekretaris Senat Untan itu.

Panitia Seleksi Rektor Untan memperkirakan jadwal pemilihan akan berlangsung pada 13 - 15 Januari mendatang mengingat tiga bulan sebelum masa jabatan rektor saat ini, sudah harus ada hasil..

Ia menambahkan, seperti pemilihan sebelumnya, Menteri mempunyai hak suara sebesar 35 persen dari total suara yang berhak.

"Kalau melihat suara Senat Untan, artinya ada 91 suara untuk pemilihan rektor, 32 diantaranya hak menteri," kata dia.

Ia melanjutkan, bisa saja suara menteri disebar ke masing-masing calon, atau terfokus ke calon tertentu.

Abdul Hamid sendiri berharap, siapapun yang terpilih nantinya, mampu membawa Untan ke peringkat yang lebih baik lagi. "Pelayanan administrasi serta riset, diantaranya, yang perlu ditingkatkan," katanya menegaskan.

***3***

T011



Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014