Sekadau (Antara Kalbar) - Peringatan hari jadi Kabupaten Sekadau ke-11 tahun 2014 diawali dengan sosialisasi bahaya laten narkotika dan tertib lalu lintas yang diselenggarakan Pemkab Sekadau bekerjasama dengan Badan Narkotiba Kabupaten (BNK) dan Polres Sekadau pada Minggu (14/12). Kegiatan yang dipusatkan di terminal Lawang Kuari itu diikuti ribuan masyarakat Kabupaten Sekadau.

"Kegiatan tersebut mengangkat tema masyarakat peduli keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas dan mari bersama kita katakan  tidak pada narkoba untuk masyarakat generasi penerus bangsa. Kegiatan sudah dimulai sejak Sabtu malam. Rangkaian kegiatan diantaranya nonton bersama film tentang bahaya narkotika dan keselamatan berlalu lintas, dan jalan sehat serta materi dari narasumber,” ujar Kepala Bagian Hukum dan HAM Setda Kabupaten Sekadau, Subhan.

Adapun materi penyuluhan bahaya narkotika disampaikan oleh dr. Victor Pujiadi, Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN). Sedangkan  penyuluhan berlalu lintas disampaikan oleh pihak Kepolisian.

“Juga ada bagi-bagi doorprize untuk peserta penyuluhan. Penyuluhan narkotika dan berlalu lintas sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dan generasi muda tentang bahaya dan dampak buruk narkotika dan meningkatkan kesadaran masyarakat dan generasi muda  akan bahaya laten dari mengkonsumsi narkotika," paparnya menambahkan.

Sementara itu, Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Sekadau, Rupinus mengatakan, BNK Kabupaten Sekadau sangat mengapresiasi kegiatan penyuluhan bahaya narkotika tersebut.

“Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat tahu apa itu narkotika, bahaya narkotika dan dampak negatifnya,” pesan Rupinus.

Rupinus melanjutkan, BNK Sekadau setiap tahunnya mengadakan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat terutama kepada para pelajar dengan melibatkan instansi terkait seperti kepolisian, dinas kesehatan dan sejumlah stake holder lain.

"Tujuannya sama, yakni untuk menyadarkan masyarakat bahwa narkotika membawa dampak negatif terhadap kehidupan," pungkasnya.

Acara tersebut turut dimeriahkan dengan kehadiran artis-artis ibukota yang menghibur masyarakat Sekadau dengan aneka atraksi seperti sulap, nyanyian, dan aksi stunt.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014