Pontianak (Antara Kalbar) - Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalimantan Barat menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan untuk menyelenggarakan seminar, guna memberi pemahaman kepada anggotanya dalam mendukung kinerja suami selaku aparatur sipil negara.

Menurut Penasihat Dharma Wanita Provinsi Kalbar Frederika Cornelis di Pontianak, Rabu, istri mempunyai peran yang sangat penting dalam mendukung karir suami.

"Pengaruh dari seorang istri sangat banyak. Pejabat yang sukses, pasti didukung oleh istri," kata Frederika Cornelis.

Selain itu, kata dia, melalui seminar tersebut, istri jadi memahami bagaimana suami yang juga aparatur sipil negara mendapatkan pemasukan bagi keluarga. "Mana yang didapat, itulah yang dipakai," kata Frederika yang juga istri Gubernur Kalbar Cornelis itu.

Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalbar, Ny Ngatman menuturkan, dengan seminar itu diharapkan anggota dapat memahami tugas suami. "Jabatan dalam birokrasi itu bukan milik kita, hanya amanah yang dititipkan, jadi tidak selamanya," kata dia.

Ia menambahkan, istri jadi memahami kerja suami. "Jangan sampai merongrong suami," katanya menegaskan.

Terkait kegiatan Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalbar, menurut Ny Ngatman sudah melakukan sejumlah hal.

Misalnya yang berkaitan dengan pendidikan, Dharma Wanita berperan dari pusat hingga daerah.

"Ikut membantu penuntasan wajib belajar 12 tahun. Sehingga setiap orang tua menyekolahkan anaknya, paling tidak sampai jenjang SMA," ujar Ny Ngatman.

Kemudian, untuk meningkatkan mental dan spiritual anggota Dharma Wanita Persatuan Provinsi Kalbar, bagi kalangan Muslim digelar pengajian rutin bulanan.

Seminar tersebut mengangkat tema "Perempuan Selaku Istri Aparatur Sipil Negara dalam Mensukseskan Program Reformasi Birokrasi dan Peran Perempuan dalam Pencegahan Korupsi".***4***



Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015