Sungai Raya (Antara Kalbar) - Camat Sungai Ambawang, Kubu Raya, Muhammad Jairin mengharapkan pemerintah provinsi Kalbar melalui dinas PU bisa memasang penerangan jalan pada kawasan bundaran tugu M. Ali Anyang yang selama ini kerap dijadikan tempat mesum bagi kalangan pemuda.
    "Saya berharap ke depannya PJU dapat dipasang di kawasan bundaran Tuga M. Ali Anyang ini , dan juga wacana pembuatan Posko Lalin dan Perhubungan agar bisa segera direalisasikan untuk mencegah hal-hal negatif, khususnya memeperkecil risiko tindakan asusila, kejahatan, dan juga kecelakaan," kata Jairin di Sungai Raya, Minggu.
    Saat disinggung mengenai penekanan da penertiban keamanan dari pihak kecamatan, Jairin mengatakan pihaknya masih memiliki kendala, yakni keterbatasan jumlah babinkamtibmas, seperti Satpol PP juga hanya ada dua orang saja.
    "Dari jumlah petugas Satpol-PP kami juga itu masih kurang untuk menjaga di kantor kecamatan, jadi mereka tidak bisa keluar tempat. Jadi selama ini pihak kepolisian yang membantu menjaga disana, apalagi pada hari-hari besar, seperti hari raya atau sebagainya memang banyak petugas yang mengepam di sekitar tugu, jadi aman," katanya.
    Di tempat terpisah, Kabid Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Kubu Raya, Suharto mengatakan akan meningkatkan masalah PJU, terutama di wilayah Kabupaten Kubu Raya. Namun sejauh ini dengan adanya keterbatasan anggaran maka pihaknya masih melakukan koordinasi bersama pihak pemerintah pusat dalam rangka pembenahan infrastruktur umum.
    "Sementara saat ini kita masih melaksanakan pemasangan PJU dijalan Arteri Supadio dulu, dan kemudian mudah-mudahan akan bertahap, karena seperti Jalan Adisucipto dan sekitarnya juga hal itu masih belum bisa dilaksanakan," tuturnya.
    Untuk pengadaan PJU di kawasan tugu M. Ali Anyang tersebut, Kadishub Kubu Raya, Fauzi Kasim menuturkan pihaknya juga akan berkoordinasi terlebih dahulu kepada Pemerintah Provinsi untuk menganggarkan pengadaan PJU, khususnya di wilayah Kabupaten Kubu Raya yang sebagian infrastruktur adalah wewenang pemerintah provinsi.
    "Karena jalan itu adalah jalan provinsi, maka kita sulit untuk mengadakan PJU disana, karena jelas akan menyalahi penggunaan anggaran. Namun, kita akan berkoordinasi dengan Dishub Kalbar, diharapkan PJU disana bisa segera terpasang," kata Fauzi. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015