Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengimbau masyarakat setempat untuk bisa memanfaatkan pekarangan rumah guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Sejak dahulu sebagian masyarakat Kubu Raya telah memanfaatkan pekarangan rumah mereka untuk bercocok tanam sayur mayur dan sebagainya. Kebiasaan masyarakat tersebut masih berlangsung sampai saat ini dan akan terus dipertahankan Pemkab. Hal itu menjadikan Kubu Raya sebagai daerah penyangga pangan yang menghasilkan berbagai macam sayur bahkan menjadi penyuplai sayuran Kota pontianak," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, pihaknya akan meminta PKK bersama Dinas Pertanian, Peternakan dan Hortikultura Kubu Raya untuk memaksimalkan dan mempraktikan penanaman di pekarangan masyarakat, bukan hanya di kebun percontohan yang dikelola oleh dinas atau pemerintah.

"Saya rasa itu lebih mengena, karena jika dikelola pemerintah sendiri, masyarakat kurang merasakan manfaatnya dan itu yang tidak kita inginkan," katanya.

Rusman Ali menambahkan, di sembilan kecamatan Kubu Raya sudah memiliki kekuatan pangan masing-masing, dimana hampir setiap daerah memiliki hasil pertanian sendiri, baik itu beras, sayuran maupun buah-buahan dan lain sebagainya.

Apalagi, program pangan itu juga didukung kuat dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan perempuan yang diarahkan untuk membantu menggerakkan ekonomi masyarakat kecil.

"Pemkab juga menggerakkan PKK untuk menjalankan berbagai program yang dijalankan pemerintah," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015