Sintang (Antara Kalbar) - Sejumlah instansi yang berkaitan langsung dengan proses pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sintang, kini mulai sibuk menyiapkan data-data yang diperlukan guna pelaksanaan pemilihan kepala daerah yang akan digelar Desember 2015,

Kepala Bidang Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sintang, Sri Tanyono mengungkapkan ada dua data yang diperlukan untuk proses penyelenggaraan pemilihan kepala daerah.

Data pertama yaitu Data Agregat Penduduk Kecamatan (DAK2) dan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pilkada (DP4). Menurut dia untuk DAK 2 sudah siap untuk diberikan yang merupakan hasil dari pembersihan data yang dilakukan oleh Kemendagri.

Sri mengungkapkan DAK2 adalah proses awal untuk menjadi DP4 yang merupakan data konkrit calon pemilih.

"Sedangkan DP4 untuk pelaksanaan pilkada serentak tahun 2015 menurut menunggu petunjuk dari pusat," ungkap Sri.

Menurut Sri hal itu dikarenakan dalam penyusunan DP4 yang akan menjadi sumber Daftar Pemilih Sementara (DPS) oleh KPU harus dibersihkan terlebih dahulu oleh Kemendagri.

"Jadi mengenai jumlahnya kami belum bisa memastikan apakah ada kenaikan atau tidak," ujar Sri.

Menurut Sri jika dilihat dari jumlah penduduk khusus Kabupaten Sintang memang mengalami peningkatan. Namun pihaknya mengaku belum tahu persis jumlah kenaikan tersebut karena semua data masih diolah oleh Kemendagri.

Sri mengungkapkan meski data-data tersebut belum rampung namun jika diperlukan pihaknya siap untuk memberikan data. Menurut Sri dari pengalaman yang lalu Disdukcapil siap menyerahkan DP4 tersebut pada pihak KPU enam bulan jelang pemilihan umum.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sintang Supranto Aji mengungkapkan, pihaknya masih menunggu data penduduk yang didapat dari Disdukcapil Sintang.

Menurut Supranto Aji, pihaknya menunggu DP4 yang diberikan oleh pemerintah pada KPU yang kemudian mereka sinkronkan dengan Data Pemilih Sementara (DPS) dan Data Pemilih Tetap (DPT) yang sudah dimiliki.

Pewarta: Faiz

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015