Sekadau (Antara Kalbar) - Bupati Sekadau, Simon Petrus mengharapkan tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat membantu mensosialisasikan bahwa pendidikan itu sangat penting, karena merupakan kunci utama untuk meraih sukses.

"Kami mengharapkan semua pihak, terutama para tokoh masyarakat dan tokoh adat, terlebih yang tinggal di kawasan pedesaan untuk membantu mensosialisasikan pentingnya bersekolah," kata Bupati terkait masih adanya anggapan yang menyatakan bahwa pendidikan itu tidak terlalu penting.

Dia memohon kepada tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk membantu mensosialisasikan bahwa pendidikan itu sangat penting.

Menurut dia, angka putus sekolah masih cukup tinggi memang mengkhawatirkan. Tentu sangat disayangkan jika anak-anak usia sekolah yang harusnya sedang belajar, malah sibuk bekerja mencari uang. Persoalan biaya kerap jadi kendala utama.

Namun, di luar itu para orangtua dituntut memiliki kesadaran tinggi untuk menyekolahkan anaknya sampai ke jenjang yang layak.

Dia melanjutkan, pendidikan bisa mengubah hidup seseorang. Dengan bekal ilmu yang mumpuni, seseorang yang latar belakang hidupnya dari keluarga yang kurang mampu pun bisa meraih sukses jika ilmu yang didapat selama menempuh pendidikan dapat diaplikasikan dengan baik.

"Pendidikan bisa mengubah hidup kita. Kalau tidak sekolah pilihan untuk sukses hanya sedikit. Lain halnya kalau kita punya pendidikan yang cukup mapan. Ada banyak jalan yang bisa diambil untuk sukses dengan bekal ilmu yang dimiliki," katanya.

Pemkab Sekadau, menurut dia, memberikan perhatian yang besar bagi dunia pendidikan. Salah satu wujud nyata perhatian itu yakni dengan menelurkan berbagai program beasiswa.

"Pemerintah telah berupaya dengan program beasiswa, salah satunya program satu dusun satu sarjana. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan sumberdaya manusia masyarakat Sekadau melalui dunia pendidikan," katanya.

(Gansi/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015