Pontianak (Antara Kalbar) - Naskah soal ujian nasional (UN) tiba Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (18/4), dan kini sudah disimpan di gudang di Jalan Soekarno-Hatta, Kabupaten Kubu Raya, kata Staf Sekretariat UN Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar, Paimin Selamet.

"Naskah UN tingkat SMP/sederajat tiba di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Sabtu kemarin, kemudian langsung dibawa untuk disimpan di sebuah gudang," kata Paimin Selamet saat dihubungi di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan naskah UN itu dimuat dalam sebanyak 473 karung atau pada 1.884 kardus.

"Soal UN ini, akan distribusikan pada 14 kabupaten/kota di Kalbar mulai tanggal 27 April 2015, yang mulai dikirim ke kabupaten terjauh, seperti ke Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sekadau, Sanggau, Sambas, Kayong Utara, dan Kabupaten Ketapang," ujarnya.

Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar, mencatat peserta UN tingkat SMP/sederajat sebanyak 75.834 orang, sedangkan peserta paket B akan diikuti sebanyak 3.080 orang.

UN tingkat SMP/sederajat berlangsung tanggal 4 hingga 7 Mei 2015, dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA, kata Selamet.

"Untuk UN tingkat SMP/sederajat tidak menggunakan sistem Computer Based Test atau CBT seperti UN tingkat SMA/sederajat. UN SMP tetap menggunakan sistem lama, yakni menggunakan lembar jawaban, diisi menggunakan pensil. Sementara itu gudang tempat menyimpan soal UN dijaga ketat oleh Polda Kalbar," katanya.

Sebelumnya, Kapolda Kalbar Brigjen (Pol) Arief Sulistyanto telah memerintahkan kepada kapolres-kapolres agar menugaskan personelnya untuk menjaga gudang penyimpanan soal UN tingkat SMA hingga SD/sederajat guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saya sudah perintahkan, kepada polres-polres agar melakukan pengawalan saat distribusi soal dari Kota Pontianak ke tingkat kabupaten lainnya," kata Arief.

(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015