Seattle (Antara Kalbar/Reuters)- Gubernur negara bagian Washington Jay Inslee menyatakan keadaan darurat kekeringan di daerahnya, Jumat, yang disebabkan oleh kekurangan timbunan salju yang terburuk sepanjang catatan di daerah yang biasanya dikenal bercuaca basah itu.



        Dalam pernyataan yang disampaikan di Olympia, Ibu Kota Provinsi tersebut, Inslee mengatakan bahwa kekeringan "semakin keras dalam beberapa pekan lalu" dan diperkirakan memburuk pada bulan-bulan musim panas yang segera tiba.



       Pernyataan darurat itu akan diikuti oleh pencairan dana dan air ke tempat-tempat yang memerlukannya, kata Inslee.



       Jumlah hujan yang turun di daerah tersebut sama dengan yang terjadi selama tahun-tahun sebelumnya, katanya.



        Namun "snowpack" (timbunan salju) yang biasanya mencair menuju sungai dan danau sebagai bahan baku air bersih yang utama, kini hanya 16 persen dari jumlah rata-rata.



       "Kita kekurangan salju," kata Inslee.  "Kami menyebutnya 'kekeringan salju'."



   Washington, yang dikenal sebagai negara lestari karena hutan-hutan yang terjaga karena hujan salju yang lebat, adalah salah satu negara bagian di barat yang berjuang melawan kekeringan.



        California juga mengalami kekeringan terburuk karena timbunan salju di gunung yang biasanya memasok sepertiga kebutuhan air setempat, saat ini berada di titik paling rendah.



       Darurat kekeringan juga dinyatakan di beberapa bagian Oregon dan Nevada.



       Petugas di Washington saat ini sedang memutuskan daerah pertanian mana yang akan mendapat tambahan sumber air dan bantuan lain, kata Inslee.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015