Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengajak seluruh masyarakat khususnya para petani setempat meningkatkan hasil pangan dengan mengedepankan kearifan lokal.

"Saya meminta agar seluruh masyarakat dapat melihat potensi-potensi agroindustri terutama industri pangan lokal untuk meningkatkan cadangan pangan dan mengantisipasi kerawanan pangan dan kelaparan. Saya juga berpesan kepada masyarakat petani agar dapat meningkatkan produksi pangannya, tanpa melupakan kearifan lokal," kata Rusman Ali saat membuka kegiatan Puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia Provinsi Kalimantan Barat, di Sungai Raya, Jumat.

Menurutnya, peringatan Hari Pangan Sedunia adalah untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran dan perhatian masyarakat internasional akan pentingnya masalah pangan, baik di tingkat global, regional maupun nasional.

Peringatan itu sekaligus untuk memperkokoh solidaritas antar bangsa dalam usaha memberantas kekurangan pangan dan kasus kurang gizi yang masih dialami sebagian penduduk dunia.

"Sebagai bentuk kampanye kesadaran masyarakat akan pentingnya mengamankan pangan dunia lewat terobosan dan pengembangan pertanian, dalam kegiatan ini kita melakukan pawai kendaraan hias," tuturnya.

Pada pawai yang diikuti oleh seluruh pemerintah kabupaten/kota yang ada di Kalbar itu, kendaraan hias yang mengikuti pawai tersebut dihiasi dengan hasil-hasil pertanian dan perkebunan dari masing-masing kabupaten kota di Kalimantan barat dan masing-masing kecamatan di Kubu Raya.

"Lewat pawai ini mari kita kampanyekan kesadaran mempertahankan ketahanan pangan dan kita kampanyekan kesadaran dalam mengkonsumsi hasil pertanian dan perkebunan lokal kita untuk meningkatkan gizi masyarakat," katanya.

Pawai tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mengkonsumsi dan mempertahankan kearifan lokal.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015