Putussibau (Antara Kalbar) - Iqri Dewo Atariq, siswa SMPN 1 Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, terpilih mewakili daerahnya dalam kegiatan jambore di Yamaguchi Jepang.
    Ditemui saat pelepasan di Setda Kapuas Hulu, Jumat siswa yang akrab disapa Dewo ini mengaku bangga bisa mewakili Kapuas Hulu dan Indonesia umumnya.
    "Ini suatu kebanggaan. Senang bisa mewakili Kapuas Hulu dan Indonesia. Saya harap Pramuka kita di Kapuas Hulu terus ditingkatkan, menjadi ekstrakurikuler dalam kurikulum pelajaran," ungkap Dewo,
      Dalam mengikuti Jambore dunia di Jepang, siswa kelahiran Sintang 2 Mei 2001 ini komitmen mempromosikan Kapuas Hulu dan kekayaan alamnya. "Saya akan promosikan objek unggulan yang ada di Kapuas Hulu, seperti Taman Nasional Danau Sentarum, Betung Kerihun dan potensi-potensi yang dimiliki Kapuas Hulu terutama sebagai kabupaten konservasi," ungkap anak kedua dari pasangan Yos Hermawan dan Wiwik Widyawati.
      Dewo berharap, setelah dirinya akan ada generasi berikut dari Bumi Uncak Kapuas yang bisa masuk seleksi hingga dikirim ke luar negeri mengikuti kegiatan yang sama.
    "Maka saya harap anak-anak dari Kapuas Hulu ini rajin mengikuti kegiatan Pramuka. Karena kita bisa mengharumkan nama daerah ini ketika menjadi delegasi dalam kegiatan Pramuka. Terus bawa nama Kapuas Hulu, Indonesia umumnya," kata Dewo yang sebentar lagi duduk di Kelas 3 SMPN 1 Putussibau ini.
    Ditambahkan Yos Hermawan, selaku orangtua dari Iqri Dewo Atariq mengaku bangga dengan prestasi yang dimiliki Dewo. Beberapa keterampilan yang dimiliki Dewo sebagai dasar dipilihnya mewakili Pramuka Kapuas Hulu ke Jepang yakni fasihnya berbahasa Inggris dan kecakapannya dibidang Pramuka. "Saya sebagai orang tua bangga terhadap Dewo. Karena memang ini diseleksi ketat selama empat bulan, dicari anggota Pramuka aktif bahasa Inggris. Di sekolah juga Dewo sering juara debat," kata Yos Hermawan.
    Pria yang berporfesi sebagai notaris di Kapuas Hulu ini menambahkan, sosok Dewo dimata keluarga sangat baik, karena anak tersebut aktif diberbagai organisasi positif di sekolahnya. "Kegiatannya sangat banyak. Ikut kegiatan organisasi-organisasi di sekolah. Dan dia punya cita-cita masuk Akmil (Akademi Militer) nggak mau yang lain," pungkas Yos, putra asli Ketapang, suami dari Wiwik Widyawati ini

Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015