Pontianak (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis meminta tokoh agama dan masyarakat yang ada di Kabupatan Sintang agar bisa terus memberikan pencerahan kepada masyarakat agar bisa mewaspadai tentang aliran sesat yang dapat memecah belah bangsa ini.

"Melalui berbagai tokoh agama dan masyarakat yang ada, saya minta agar bisa menjelaskan kepada masyarakat tentang bahaya Narkoba serta teroris melalui keluarga untuk mengawasi putra-putrinya. Jangan sampai juga terlibat dengan aliran sesat," kata Cornelis, saat menghadiri kegiatan Safari Ramadhan di Kabupaten Sintang, Selasa.

Menurutnya, untuk mengantisipasi berbagai penyakit masyarakat dan berbagai paham negatif di tengah masyarakat tidak bisa diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah atau kepada pihak Polisi, TNI, BNN, karena jumlah mereka terbatas.

"Yang banyak itu adalah rakyat, makanya melalui para tokohlah serta elemen masyarakat dapat mencegah hal-hal yang dapat mengancam keselamatan bangsa. Yang tidak kalah pentingnya terhadap anak-anak kita yaitu pengaruh internet," tuturnya.

Menurutnya, untuk menghindari pengaruh negatif internet itu, perlu pengawasan dari orang tua, jangan sampai pengaruh teknologi akan membuat salah pergaulan, seperti pelanggaran pengaruh tentang berbagai film forno yang akan menjerumus terhadap pergaulan seks bebas, dan penyakit HIV serta memaki-maki seseorang lewat internet.

"Perlu diketahui, masalah internet ini jangan sembarangan ini ada Undang-undang tentang IT, bisa diancam pidana 7 tahun penjara," katanya.

Cornelis menyebutkan, Ibadah puasa sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim, pelaksanaan ibadah puasa merupakan pendidikan mental serta melawan hawa nafsu dari berbagai pengaruh dunia, iblis dan setan, hingga akhirnya sampai menyambut hari raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan.

"Ibadah puasa juga sesuai dengan kaidah agama yaitu membentuk manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa," kata Cornelis.

Sementara itu Bupati Sintang Milton mengungkapkan, terima kasih yang setutus-tulusnya kepada Gubernur yang telah berkenan hadir melalui agenda Safari Ramadhan di Kabupaten Sintang. Menurutnya, kehadiran Gubernur tentunya akan memberikan semangat dan motivasi bagi Pemerintah Kabupaten Sintang, terutama dalam melaksanakan tata kelola pemerintahan.

"Perlu saya informasikan, sementara ini, untuk menghadapi perayaan Hari Raya Idul Fitri, segala stok sembako dalam menghadapi Idul Fitri mencukupi, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," kata Milton.

Pada Kesempatan tersebut Gubernur Cornelis menyerahkan berbagai dari bantuan Provinsi Kalbar serta Kementerian Kemenag berupa bantuan rumah ibadah, dan bibit tanaman dari Ketua PKK Kalbar.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015