Sekadau ( Antara Kalbar ) - Tim gabungan dari beberapa instansi Pemkab Sekadau, polisi, serta anggota TNI mengunjungi salah satu minimarket di kawasan jalan Sekadau-Sintang, (9/7).
Mereka masing-masing memeriksa barang-barang yang dijual di minimarket tersebut.
Inspeksi mendadak yang sengaja dilaksanakan menjelang hari raya Idul Fitri ini, para petugas menyasar produk-produk kedaluarsa.
"Inspeksi kagetan itu bertujuan untuk meminimalisir peredaran bahan makanan tidak layak konsumsi. Jika tidak disidak, ada kecenderungan pedagang enggan menyortir produk-produk yang tidak layak jual. Jadi harus diperiksa, yang tidak layak kami sita," terang Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kabupaten Sekadau, Isdianto.
Tak hanya di satu minimarket. Petugas gabungan ini kemudian menyusuri hampir semua pusat perbelanjaan besar di dalam kota Sekadau.
Di salah satu swalayan di jalan Sanggau, beberapa petugas menyita sejumlah produk makanan dalam kemasan.
Produk-produk ini ada yang telah kedaluarsa, ada pula yang kemasannya tidak layak.
Selain pusat perbelanjaan, petugas gabungan juga menyatroni SPBU. Disana, petugas melakukan tera ulang takaran minyak dan mencari tahu apakah stok BBM aman menjelang hari raya.
"Ini rutin kita laksanakan untuk menjamin keselamatan masyarakat saat berbelanja kebutuhan hari raya. Pihak kita sengaja hanya memberikan peringatan dan masih mentolerir pengelola pusat perbelanjaan. Kita peringati dulu, nanti kan mau Natal sidak lagi. Kalau nanti masih seperti itu barulah kita tindak," tutupnya.

Pewarta: Gansi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015