Oleh Andilala

Sambas, Kalbar (Antara Kalbar) - Masyarakat Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat menyambut baik rencana didirikannya Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) di kecamatan perbatasan itu pada tahun 2015 atau 2016.
"Mudah-mudah dengan didirikannya Lanal di Paloh maka akan mempercepat kemajuan pembangunan di Paloh dan memperkuat keamanan maritim di perbatasan," kata Mizan salah seorang warga Desa Sebubus, Kecamatan Paloh saat dihubungi di Sambas, Senin.
Selain itu, menurut dia dengan didirikannya Lanal di perbatasan, maka juga bisa menekan pencurian ikan dan kekayaan laut lainnya oleh nelayan asing.
"Mudah-mudahan rencana pemerintah membangun Lanal di Paloh bisa segera terwujud," ujarnya.
Hal senada juga diakui oleh Sukardi warga Desa Camar Bulan, Kecamatan Paloh. "Kami sangat senang dengan rencana pemerintah yang akan membangun Lanal di Paloh dalam menjaga keamanan maritim," ujarnya.
Dia berharap, dengan dibangunnya Lanal di Paloh, maka juga ditunjang dengan peningkatan pembangunan infrastruktur jalan dari Paloh ke Desa Camar Bulan yang sekitar 20 kilometer lebih masih belum beraspal.
Sebelumnya, Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Widodo saat melakukan kunjungan kerja di Pontianak awal Juli 2015 mengatakan, status Lanal Pontianak akan ditingkatkan menjadi Pangkalan Utama TNI Angkatan Luat IV (Lantamal IV) pada minggu keempat Juli 2015.
"Kemudian Lanal Pontianak akan dipindahkan ke Sambas, tepatnya di Kecamatan Paloh, tahun 2016 yang saat ini lahannya juga sudah disiapkan," ujarnya.
Wakasal menambahkan, pada dasarnya seluruh Lanal yang posisinya di perbatasan ditingkatkan statusnya menjadi Lantamal dalam memperkuat kedaulatan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
***1***

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015