Pontianak (Antara Kalbar) - Perhimpunan Hakka Indonesia - Singkawang (Perhakin) Kota Singkawang akan menggelar donor darah yang ketersediaannya memang sangat diperlukan masyarakat di kota itu.

"Kegiatan donor darah ini kita lakukan dalam rangka menyambut HUT RI ke-70. Rencananya, kegiatan donor darah itu akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus mendatang, bertempat di Sekretariat Perhakin yang beralamat di Jl P. Diponegoro, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat," kata Ketua Perhakin Kota Singkawang, Tjhai Cui Mie, di Singkawang, Jumat.

Dengan digelarnya kegiatan itu, legislator dari PDI-P itu berharap, bisa meringankan PMI Singkawang dalam menyediakan stok darah yang memang sangat dibutuhkan masyarakat Singkawang.

"Bagi yang mau mendonorkan darahnya nanti, bisa menghadiri acara tersebut, yang rencananya akan kita mulai pada pukul 08.00 WIB," ujarnya.

Menurut mantan Ketua DPRD Singkawang itu, setelah dilantik dan dikukuhkannya Perhakin Singkawang, tentunya banyak agenda yang bisa diperbuat demi mensejahterakan masyarakat di kota itu. Diantaranya, memberikan bantuan kepada panti asuhan dan panti kusta.

Disamping itu, Perhakin juga akan mendata semua orang-orang Hakka di Singkawang. Dalam pendataannya, Perhakin akan melibatkan tim relawan Hakka dan RT setempat.

"Sebenarnya ada berapa persen orang Hakka di Singkawang. Tujuannya, apa yang bisa kita lakukan untuk mereka, dan apa yang bisa mereka lakukan untuk kita," jelasnya.

Selain itu, Perhakin juga akan mencari dana untuk membangun gedung sendiri.

"Karena sekretariat di sini masih pinjam pakai. Sehingga kalau ada gedung sendiri, keberadaan Hakka bisa dirasakan oleh masyarakat dan Pemkot Singkawang," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015