Pontianak (Antara Kalbar) - Seorang penyandang cacat yang berasal dari Kota Singkawang, Iwan Munandar, berhasil meluncurkan album lagu daerah karyanya sendiri dan mendapat apresiasi besar dari pemerintah setempat.

"Saya Penyandang Tuna Daksa (polio) yang sejak tahun 2012 hingga sekarang dipercaya memimpin organisasi sosial kecacatan di Kota Singkawang, yaitu Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI)," kata Iwan Munandar di Singkawang, Kamis.

Dia menjelaskan, dalam kurun waktu jabatannya, tidak sedikit gerakan serta kegiatan sosial yang telah dilakukan bersama teman-temannya melalui dukungan Pemerintah Kota Singkawang maupun pihak swasta yang peduli terhadap upaya memperjuangkan hak serta kesetaraan kaum penyandang cacat sebagai masyarakat Kota Singkawang dan rakyat Indonesia.

Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-70, Iwan Munandar yang telah didukung penuh Pemkot Singkawang, dan wali kota Singkawang Awang Ishak secara berkesinambungan membuat sesuatu karya yang bertujuan luas dan bermanfaat untuk kemajuan Kota Singkawang, yaitu dengan memprakarsai peluncuran sebuah album lagu-lagu daerah berjudul "Bumi Bertuah Gayung Bersambut".

Tepat pada hari Sabtu, 8 Agustus 2015, album Bumi Bertuah Gayung Bersambut ini, akhirnya resmi diedarkan serta diperjualbelikan ke masyarakat luas.

Di dalam album itu terdapat 10 buah lagu yang berisikan tema dan cerita tentang motivasi, promosi pariwisata, nilai persatuan, kultur budaya, keanekaragaman adat-istiadat suku dan budaya, ekonomi, pendidikan, pelestarian lingkungan alam, bahaya penyalahgunaan narkoba, persatuan, keharmonisan serta pentingnya untuk menanamkan sebuah rasa kepedulian terhadap para penyandang cacat.

Di kediamannya yang juga dijadikannya sebagai Sekretariat DPC PPCI Kota Singkawang, Iwan bersama tim manajemen sedang sibuk merapikan beberapa bungkusan paket, yang isinya adalah DVD album Bumi Bertuh Gayung Bersambut.

Paket-paket tersebut semua adalah pesanan para sahabat, kenalannya serta didapat melalui promosi di berbagai jejaring sosial.

"Pesanan ini akan dikirim ke berbagai daerah seperti Pontianak, Sintang, Ketapang, Jawa, Sumatera, Bali dan Sulawesi," jelas Iwan.

Iwan menambahkan, selain di Singkawang, banyak juga yang dari luar untuk minta dikirim album tersebut.

Iwan sempat memutarkan lagu-lagu miliknya yang terdengar indah, mudah dicerna, penuh pesan dan mengesankan.

"Ke-10 lagu yang saya ciptakan ini 80 persen liriknya berbahasa Indonesia, dengan perpaduan video klip menyelaraskan pandangan. Album dalam bentuk DVD ini kami jual dengan harga Rp30 ribu perkeping dan dari setiap hasil penjualan perkeping DVD ini, 30 persennya akan disisihkan sebagai donasi ke para penyandang cacat yang membutuhkan di Kota Singkawang, melalui Dinsosnakertrans Kota Singkawang," tuturnya.

(KR-RDO/Rud/N005) 

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015