Sekadau (Antara Kalbar) - Sebanyak 12.500 lembar masker ludes dibagikan kepada warga dan pengguna jalan raya yang melintas di Sekadau.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau bahu-membahu membagikan masker sembari mengingatkan kepada masyarakat tentang bahaya asap. melakukan pembagian masker gratis, Jumat.

Aksi itu melibatkan unsur kepolisian, TNI, Satpol PP dan PMI. Pembagian masker dipusatkan di lokasi strategis di sekitar Kota Sekadau seperti penyeberangan Seberang Kapuas, tugu PKK, simpang PLN, simpang Gereja St. Petrus dan Paulus, depan SMPN 1 serta simpang pasar baru.

"Pembagian masker ini sebagai respons terhadap keluhan masyarakat terhadap tingginya penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Dengan menggunakan masker akan mengurangi risiko terkena ISPA," ujar Kepala Pelaksana BPBD Sekadau, Akhmad Suryadi.

Relawan tak hanya membagikan masker di jalan. Mereka juga mendatangi sekolah-sekolah mulai TK, SD dan SMP. Sebab, anak-anak usia TK hingga SMP paling rentan terkena penyakit ISPA.

"Kadar asap di wilayah Sekadau saat ini ada pada level tidak sehat dan bisa membahayakan kesehatan. BPBD Kabupaten Sekadau menyiagakan setidaknya 100 ribu lembar masker sebagai bentuk antisipasi jika bencana asap berkepanjangan. Logistik tersebut saat ini disimpan di gudang BPBD dan dapat dibagikan sewaktu-waktu, lanjutnya.

Cadangan masker juga dapat didistribusikan ke kecamatan-kecamatan jika dibutuhkan. Namun, untuk mendapat pasokan masker, pihak kecamatan harus membuat surat permohonan ke BPBD.

"Logistik tersedia dan bisa disalurkan kapan saja. Kalau Camat perlu tinggal buat permohonan," katanya. (Gansi/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015