Sungai Raya (Antara Kalbar) - Sebanyak 882 mahasiswa baru dari Universitas Tanjungpura Pontianak mendapatkan pembekalan Orientasi dan Bela Negara dari Markas Kodam XII/Tanjungpura.

"Kegiatan orientasi ini dilaksanakan untuk memotivasi dan mengakselerasi adaptasi mahasiswa terhadap kewajiban dan haknya sebagai mahasiswa penerima penuh Outreaching Untan, dalam membentuk karakter mahasiswa yang mempunyai jiwa kepemimpinan, solidaritas tinggi, berbudaya akademik dan mampu beradaptasi, disiplin menggapai prestasi akademik serta berkarakter tangguh, berani membela kebenaran demi kepentingan Bangsa dan Negara Indonesia," kata Ketua Panitia Orientasi dan Bela Negara, Untan Pontianak, Rusdiono di Sungai Raya, Kamis.

Dia menjelaskan, 882 orang peserta mahasiswa baru yang mengikuti pembekalan itu merupakan mahasiswa Penerimaan Beasiswa Outreaching program Bidik Misi, Pemda Sekadau, Pemda Kayong Utara dan Untan Mandiri Tahun Akademik 2015/2016, didampingi 41 orang pembina dari Untan serta 18 orang pembina dari Kodam XII/Tpr termasuk di dalamnya Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) Kodam XII/Tpr.

Di tempat yang sama, Rektor Untan, Thamrin Usman mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kerja sama Pangdam XII Tanjung Pura di dalam menerima dan mendidik mahasiswa baru penerima penuh Beasiswa program Bidik Misi itu.

"Kita berharap, pada tahun yang akan datang jumlah penerima Beasiswa program Bidik Misi ini berkurang, karena dengan kekurangan menunjukkan bahwa semakin meningkatnya kemakmuran orang tua mahasiswa dalam membiayai sekolah lanjutan anak-anaknya," kata Thamrin.

Sementara itu, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Toto R Soedjiman yang diwakili oleh Kolonel Inf M.JP Hutagaol selaku Perwira Ahli Bidang Ideologi Pangdam XII/Tpr mengatakan, pembinaan kesadaran Bela Negara kepada Warga Negara Indonesia (WNI) baik yang berada di wilayah NKRI, maupun warga negara yang berada di luar negeri perlu ditumbuhkan.

Pangdam mengatakan, Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, menjelaskan, bahwa upaya Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. "Makanya kita sangat menyambut baik kerja sama yang kita lakukan bersama Untan ini, dalam memberikan pendidikan bela negara kepada mahasiswa," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015