Singkawang (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya meminta kepada masyarakat Singkawang untuk menjaga kerukunan, serta selalu menjaga kedamaian dan keamanan di kota itu.

"Terlebih di Singkawang ini merupakan kota yang multietnis. Semua suku ada. Tapi jangan jadikan perbedaan itu sebagai perpecahan. Semua harus bersatu," kata Christiandy, saat melakukan kunjungan kerja di Singkawang, Senin.

Menurutnya, jika saja hal itu bisa tercipta, katanya, maka Negara Indonesia umumnya dan Kalbar khususnya akan aman dan damai.

Di samping itu, dia juga meminta kepada peran orang tua untuk selalu memperhatikan pergaulan anak-anaknya.

"Jangan sampai anak-anak kita terjerumus dalam pengaruh yang negatif," pesannya.

Christiandy juga meminta Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Singkawang bisa terus melakukan sosialisasi kerukunan beragama di kota itu untuk memberikan pemahaman pada masyarakat. Terutama tokoh-tokoh agama tentang peranan FKUB menciptakan kerukunan antarumat beragama.

"Kita Indonesia ini Bhineka Tunggal Ika, bermacam suku bangsa dan agama. Yang perlu kita bina adalah tetap rukun dalam kehidupan sehari hari," katanya.

FKUB sendiri didirikan oleh pemerintah untuk menciptakan kerukunan umat beragama. Mengingat yang paling pontensial konflik itu sebagian didasari dari agama.

Kemudian, lanjutnya, pada 9 Desember 2015, akan ada Pilkada serentak di seluruh Indonesia. Khusus di Kalbar, katanya, ada tujuh kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak. Antara lain, Sambas, Bengkayang, Sekadau, Sintang, Melawi, Ketapang dan Kapuas Hulu.

Meskipun Singkawang tidak termasuk dalam Pilkada serentak, tapi suasana aman dan damai harus dijaga.

"Karena, aparat kita lebih banyak konsentrasi di tujuh kabupaten/kota ini. Jadi mari sukseskan Pilkada serentak ini," ajaknya. 

(KR-RDO/E001)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015