Sungai Raya (Antara Kalbar) - General Manajer PT. Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro mengatakan pihaknya akan melakukan pengembangan kawasan sekitar bandara.

"Saat ini, kita telah melakukan pengembangan tahap II untuk terminal kedatangan dan keberangkatan penumpang, demikian dengan beberapa perkantoran lainnya yang juga sudah mulai dikerjakan. Namun, kita juga akan melakukan pengembangan di sekitar kawasan bandara dan juga sedang dalam tahap pengerjaan," kata Bayuh di Sungai Raya, Minggu.

Dia menambahkan, beberapa fasilitas pendukung seperti sarana infrastruktur dan jalan lingkungan di sekitar bandara sebelumnya juga sudah dilakukan, dimana pihaknya bekerja sama dengan Pemkab Kubu Raya telah melakukan pembangunan jalan di poros yang berada tepat di depan kantor Bupati Kubu Raya.

Nantinya, kata dia, akan ada pembangunan jalan penghubung menuju ke Bandara di dekat jalan tersebut, karena saat ini untuk kendaraan roda dua dan kendaraan yang menuju ke kargo, masih menggunakan jalan keluar dari bandara.

"Jika jalan itu sudah dibangun dan sudah jadi, maka akan ada perubahan untuk akses masuk dan keluar dari cargo. Selain itu, kita juga sedang melakukan pengembangan beberapa sarana perkantoran, dan bangunan penunjang lainnya," tuturnya.

Bayuh menjelaskan, saat ini terminal kedatangan dan keberangkatan penumpang di bandara itu sudah selesai dikerjakan untuk tahap I. Terkait bangunan terminal tersebut memang belum dilengkapi dengan alat pendukung dan interior yang memadai, karena itu akan dilakukan ketika seluruh bangunan terminal sudah selesai dibangun.

"Yang sudah jadi saat ini itu baru sepertiga, karena kalau sudah selesai semua, luas bangunan akan lima kali lipat besarnya dari bangunan bandara yang dulu," katanya.

Pembangunan tahap satu dengan luas bangunan 13.000 meter persegi dari rencana pembangunan seluas 32.000 meter persegi. Nantinya, kata Bayuh, bandara itu akan dikembangkan hingga lima kali lebih besar dari kapasitas yang ada saat ini dan akan mampu melayani hingga 3,2 juta pergerakan penumpang per tahun.

(KR-RDO/S025)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015