Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Singkawang melalui Dinas Kebersihan setempat segera membangun Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja (IPLT) pada tahun 2016.

    "Selain berencana akan menambah tempat pembuangan sampah (TPS), dan perluasan lahan untuk tempat pembuangan akhir (TPA), tahun 2016 mendatang, kami juga akan membangun Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja," kata Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Kebersihan dan Perumahan Singkawang, Syukur di Singkawang, Kalimantan Barat, Rabu.

    Dia menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mencari lahan untuk membangun IPLT. Pihaknya memastikan pembangunan IPLT itu akan dilakukan di Kecamatan Singkawang Utara.

    "Tapi mengenai lokasinya dimana, ini yang masih kita cari," tuturnya. Menurut dia, IPLT itu akan berfungsi untuk pelayanan sedotan WC masyarakat. "Selama inikan belum ada instalasi untuk pengelolaan pembuangan akhirnya di mana, sehingga dengan adanya IPLT nanti, sehingga pembuangan akhirnya bisa dikelola," katanya.

     Jika sudah dibangun, nantinya untuk penyedotannya diperkirakan sekitar 15 kubik perhari. Dia menambahkan, tujuan dibangunnya IPLT itu adalah dalam rangka memberikan layanan kepada masyarakat khususnya terkait dengan jasa penyedotan tinja.

     Sehingga, katanya, bau kotoran jadi hilang, karena telah diolah dengan berbagai bahan, termasuk minyak tanah, sehingga tak berbau lagi.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015