Sungai Raya (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan, berdasarkan pantauan langsung di lapangan dan laporan dari pihak kecamatan, proses pilkades yang berlangsung di 39 desa di kabupaten itu berjalan dengan lancar.

"Pagi tadi saya memantau langsung proses pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 5 Desa, diantaranya Desa Sungai Durian, Desa Kuala Ambawang, Desa Korek, Desa Lingga dan Desa Pancaroba Kecamatan Sungai Ambawang, semua berjalan lancar. Demikian dengan laporan yang kita dapat dari pemerintah kecamatan yang juga ikut memantau langsung pilkades di daerahnya masing-masing, juga berlangsung dengan lancar," kata Hermanus di Sungai Raya, Sabtu.

Dia menjelaskan, pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Kubu Raya pagi tadi serentak dilakukan di 39 Desa dari 41 Desa yang menggelar Pilkades serentak. Di mana 2 Desa diantaranya Desa Pinang Dalam dan Desa Ambawang Kecamatan Kubu sudah melakukan musyawarah Desa (Musdes) dalam proses pemilihan kepala desa dengan menggelar Pemilihan Kepala Desa antarwaktu.

Sedangkan untuk 39 Desa lainnya sejak pagi tadi juga sudah melakukan Pilkades serentak.

Hermanus mengatakan, dirinya sengaja turun lapangan untuk melihat langsung proses Pilkades tersebut. Dari pantauannya di lapangan, pelaksanaan Pilkades serentak sampai saat ini berjalan dengan baik dan lancar, tanpa adanya gangguan apapun.

"Namun apabila dalam pelaksanaannya kita mendengar terdapat kecurangan yang dilakukan, baik itu dari calon Kades ataupun pihak terkait lainnya, maka kita akan menindak tegas sesuai dengan kesalahan yang dilakukannya," tuturnya.

Dari pantauannya pagi tadi, Hermanus menilai, sudah banyak masyarakat yang menggunakan hak pilihnya, selain itu para Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) juga sudah menjalankan tugasnya dengan baik, mengingat para PPKD ini juga sudah memiliki pengalaman yang cukup baik sejak Pilkada dan Pilpres.

Dirinya berharap dengan dilakukannya Pilkades serentak ini, maka masyarakat bisa mendapatkan sosok Kepala Desa yang memiliki kualitas dan kemampuan untuk membangun Desanya sesuai dengan harapan masyarakat.

"Sehingga Kepala Desa ke depannya dapat menjadi mitra bagi Pemerintah Daerah dalam mendukung dan menjalankan program yang pro rakyat. Setelah pelaksanaan Pilkades ini, kita akan menggelar rapat dengan dinas terkait, yang selanjutnya akan dilaksanakannya pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa serentak yang rencananya akan dilakukan pada awal Januari 2016 mendatang," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015